Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

TMMD Resmi Dimulai, Target TNI Buka Jalan Swadaya 2,8 Kilometer

Dibaca : 213

Tanah Datar, Prokabar — Ditandai dengan pemukulan gong, Kasrem 032 Wirabraja Kolonel Inf Amrizen membuka lansung agenda Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 tahun 2020 di wilayah Kodim 0307 Tanah Datar. Pembukaan ini berlansung di Gazebo Indojolito Batusangkar, Selasa (30/6)

Dandim 0307 Tanah Datar, Letkol Edi Sugianto Harahap usai pembukaan mengatakan bahwa 150 personil akan bekerja bersama masyarakat setempat hingga 29 Juli. Salah satu pekerjaan yang akan dilakukan, membuka jalan sepanjang 2,8 kilometer.

“Masyarakat membebaskan tanahnya dengan swadaya sepanjang 2800 meter lebar delapan meter, pembukaannya kita lakukan delapan meter, enam meter badan jalan dua meter bahu jalan. Total dana Rp1 miliar, belum lagi swadaya masyarakat. Kita bekerja mulai hari ini,” kata Dandim.

Nasrul Abit Indra Catri

Sementara, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Barat, Syafrizal Ucok juga menyebutkan harapannya agar TMMD kali ini mendapat hasil maksimal sesuai semangat TNI.

“Program ini juga dalam membantu pemerintah dalam pembangunan menuju masayarakat sejahtera adil dan makmur,” katanya.

“Jika semangat masyarakat kita sinergikan dg TNI di lokasi tempat TMMD, kalau dengan semangat kegotong-royongan harmonisasi akan terbangun. Pemda sangat mendukung program ini, kita harapkan nanti OPD juga berikan kontribusi untuk TMMD ini, termasuk membantu semen satu atau dua zak apa salahnya, bawa makanan atau buah,” kata Waiil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma.

Disisi lain, Wali Nagari Panyalaian Roni Dt Paduko Sirajo juga berharap program TMMD di Nagari Panyalaian juga bisa bermanfaat untuk pengurai kemacetan di Koto Baru.

“Kita juga berharap pembukaan jalan ini nanti langsung pengerasan sehingga bisa dilalui mobil dan kendaraan roda dua, seluruh tahapan ini sudah kami ikuti dan semoga pembukaan jalan ini menjadi amal ibadah bagi kita semua. 2800 meter dengan lebar enam meter yang dibebaskan dari lahan masyarakat ini, setelah dibangun akan bermanfaat luas oleh masyarakat, terutama untuk sarana pertanian,” kata Wali Nagari Panyalaian Roni Dt Paduko Sirajo. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top