Daerah

TMMD Kodim 0304 Agam Bangun Nagari Sungai Pua Palembayan

Palembayan, Prokabar – Program Tentara Manunggal Masuk Desa atau TMMD terbukti membantu pemerintah daerah dan masyarakat. Seperti yang dilaksanakan Kodim 0304 Agam ini, membangun akses jalan sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 10 meter dengan nilai hanya 1 milyar rupiah. Bila dilihat lokasi dan anggaran normal dari perencanaan pemerintah daerah, dapat mencapai 2 milyar rupiah. Hal tersebut di sampaikan Bupati Agam, Indra Catri saat melakukan peninjauan lokasi pelaksanaan TMMD di Sungai Pua, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Rabu (10/7).

Menurutnya, setiap pelaksanaan TMMD (dulunya AMD), selalu berdampak besar terhadap kesejahteraan masyarakat. Pasalnya, akses pembukaan jalan dengan semangat gotong royong akan memangkas anggaran bila dikerjakan perusahaan.

“Ini yang saya katakan, mudah-mudahan doa Pak Dandim dan masyarakat terkabulkan. Awalnya kita rancang 7 meter, kemudian beliau katakan bagaimana kalau 10 meter. Mana tau nanti daerah ini maju pesat. Dan siapa tau usulan kita untuk tembus kawasan lindung bisa diizinkan dan ini bisa tembus ke Maninjau. Dan itu terbuka isolasi daerah. Nah ketika negeri ini maju, kata Pak dandim, ya, dan perlu jalan yang luas serta lebar, kita tidak perlu ulang lagi. Dan itu diamankan masyarakat, tidak satupun ada yang minta ganti rugi,” tutur Bupati Agam.

Mimpinya, lanjutnya, 10 tahun atau 20 tahun nanti, Palembayan Insya Allah menjadi daerah terkemuka di Agam. Aksesnya tinggi, dari Simpang Patai menuju Palembayan sampai ke Maninjau tidak sampai setengah jam. “Terkait hutan lindung atau cagar alam dari akses yang belum dibuka, ya apakah kita mengajukan lagi usulan petisi atau kesepakatan masyarakat, kita akan cari jalannya. Kita akan berusaha itu, karena ada dua daerah isolasi wilayah ini ada dua. Pertama di sini dan kedua di Sungai Batang menuju Malalak Utara. Itu jalur perjalanan Dakwah Ayahnya Buya Hamka, jalur heritage. Dan kita berharap itu diizinkan, minimal untuk pejalan kaki atau hiking, jika itu terbuka dahsyat sudah,” terangnya.

Sementara itu, Dandim 0304 Agam, Letkol Victor menambahkan TMMD ke 105 ini melibatkan 150 orang personil dari TNI AD, TNI AU dan TNI AL, serta 100 orang masyarakat setiap hari. Pembangunan jalan perkampungan dan ditambah akses jalan baru yang diimpikan dapat menembus Maninjau nantinya. Selain jalan sepanjang 2,2 kilometer, juga akan bedah rumah tidak layak huni sebanyak 5 unit, dan 1 unit musalla. “Kami berharap pembangunan ini sesuai target 8 Agustus 2019 dan langsung dinikmati masyarakat,” pungkasnya. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top