Daerah

TMMD ke-110 Resmi Dimulai, Semen Hingga Sembako Terus Berdatangan

Dibaca : 112

Padang Pariaman, Prokabar — Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2021, kemarin (2/3) resmi dibuka.

Pembukaan berlangsung serentak di dua wilayah, yaitu Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sebelumnya di kedua sasaran TMMD tersebut telah dimulai tahapan sosialisasi dan Pra TMMD selama 1 bulan dengan target sasaran diantaranya pembukaan lahan untuk jalan, pembangunan jembatan dan rehab rumah tidak layak huni serta rumah ibadah.

Kepala Bidang Kerjasama dan Pembangunan Kawasan Pedesaan (KPKP) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Sumbar, Vera Irawati, mengatakan sejumlah bantuan untuk TMMD dari berbagai dinas instansi maupun BUMN, sebagian besar telah diterima DPMD dan telah disalurkan melalui Komando Distrik Militer (Kodim) ke dua lokasi TMMD.

Hingga sehari sebelum pembukaan sebagian besar bantuan sudah datang. khususnya bantuan berupa dana segar, sudah kita salurkan ke toko-toko bangunan di dua lokasi TMMD untuk dibelikan semen. Beberapa OPD yang telah memberikan.

“Diantara Dinas PSDA, Dinas ESDM, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) berupa 30 zak semen dan Bank Nagari 100 zak semen,” ungkap Vera.

Vera menambahkan, selain uang dan semen, juga ada bantuan sembako sebanhak 40 paket dari Biro Bina Mental dan Kesra Sumbar, senilai masing-masing paket Rp.250.000.

Sebelumnya juga ada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar yang telah memberikan bantuan untuk rehab rumah tidak layak huni untuk 10 rumah, masing-masing 5 rumah di setiap lokasinTMMD. Nilainya setiap rumah Rp. 20 juta.

“Bantuan dari dinas instansi lainnya mungkin besok langsung ke lokasi TMMD. Seperti Dinas Pangan bantu 1000 bibit sukun dan Bulog besok antar bantuan sebanyak 50 karung beras tinggi protein,” imbuh Vera.

Sementara itu, Dinas PMD smengantarkan langsung bantuan berupa peralatan olah raga yang terdiri dari Bola Kaki, Bola Volly, Bola Takraw 4 buah, Net Volly dan Net Takraw.

Kemudian Perlengkapan kerja lapangan berupa Baju Kaos 80 buah, Topi 80 buah dan Sepatu Boots 80 buah.

Selanjutnya Perlengkapan Ibadah berupa Al-Qur’an 12 buah, mukenah 10 buah, sajadah 10 buah dan ambal 10 meter ( 2 rool/gulung ). Mesin genset 2 unit dan mesin potong rumput 2 unit serta bantuan berupa bahan material bangunan.

Dandim 0308/Pariaman Letkol Czi. Titan Jatmiko melalui Pasiter Kodim Lettu Inf. Aidil Adha, dalam rilisnya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kedatangan DPMD Provinsi yang sudah bersedia memberikan bantuan guna mendukung kegiatan program TMMD ke-110 yang nantinya akan dibagikan ke masyarakat Nagari Salibutan,yang me jadi Lokasi TMMD di Kabuparen Padsng Pariaman. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top