Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

TMMD 108 Ditutup. Dandim: Progres Pengerjaannya 100%

Dibaca : 255

Tanah Datar, Prokabar – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 di Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto, Tanah Datar resmi ditutup, di Gazebo Indojolito, Rabu (29/7).

Komandan Satgas TMMD Letkol Inf Edi Sugianto Harahap saat penutupan dan penyerahan hasil TMMD mengatakan, bahwa TMMD yang bertemakan Pengabdian Untuk Negeri itu, bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat dan manunggal TNI dengan masyarakat.

“Pelaksanaan telah berlangsung dari 7 hingga 29 Juli hari ini, namun dari 30 Juni telah dilaksanakan pra TMMD. Di lapangan pekerjaan telah selesai 100 persen, 17 gorong-gorong, penyuluhan Covid-19 pada masyarakat, penyuluhan hukum, pendidikan bela negara dan kebangsaan, penyuluhan pertanian dan perikanan,” kata Dansatgas Edi S Harahap.

Dikatakan, dalam pembangunan TMMD, juga mendapat bantuan Rp475 juta dari Mabes TNI, dari dinas PMD provinsi 5 ribu bibit ikan nila, 200 bibit pohon sukun, kata Letkol Edi yang juga Dandim Tanah Datar itu. “Mohon pak Kasrem menutup secara resmi TMMD ini,” ujarnya.

Sementara, Plh. Sekda Tanah Datar Edi Susanto mewakili bupati, juga menyebutkan masyarakat khususnya di Nagari Panyalaian tetap mendoakan agar TNI selalu jaya.

“TMMD yang diawali pra TMMD sejak 7 Juni lalu, beberapa kegiatan fisik dan non fisik telah dirancang dan dilaksanakan dengan tujuan agar terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk kesejahteraan masyarakat, kegiatan fisik dan non fisik, dalam menunjang kegiatan fisik peningkatan nilai fisik dengan swadaya masyarakat terutama pembabasan tanah dengan gratis bernilai Rp5,04 miliar, nilai tanaman ratusan 200 juta, terimakasih kepada bapak gubernur dan dinas PMD yang mendukung, serta pada seluruh anggota yang memberikan darma baktinya dalam pembangunan ini, pemerintahan kecamatan dan nagari yang telah berpartisipasi berupa sumbangan harta benda, sehingga masyarakat yang menikmati akan dipermudah aktifitasnya,” kata Edi.

Kasrem 032 Wirabraja Kolonel Inf Amrizen, membacakan amanat Pangdam I Bukit Barusan, menyebutkan penutupan TMMD secara serendak di enam wilayah Kodim di Kodam I BB.

“Saya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak sehingga capaian kinerja yang terbaik dari tercapainya kesejahteraan masyarakat, program ini juga aspirasi rakyat. Pangdam berharap untuk menjaga kondisi fisik agar dapat dimanfaatkan dalam waktu lama,” kata Kasrem.

Dikatakan Kasrem, Pangdam I BB, Mayjen TNI Irwansyah selaku pengendali TMMD, juga mohon maaf jika terdapat kesalahan prajurit ditengah-tengah masyarakat saat melaksanakan program tersebut.
Kasrem dan rombongan serta dinas terkait langsung meninjau TMMD ke Nagari Panyalaian. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top