Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Tingkatkan Produktifitas Pertanian, Kelompok Tani Terima Alsintan

Dibaca : 111

Tanah Datar, Prokabar – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus mengembangkan sektor pertanian sebagai penyumbang terbesar struktur ekonomi. Keberpihakan kebijakan dan anggaran kepada sektor ini sudah menjadi komitmen pemerintah daerah bersama DPRD.

Hal ini disampaikan Plt. Bupati Zuldafri Darma saat penyerahan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani di depan kantor Dinas Pertanian di komplek perkantoran Pagaruyung, Selasa (8/12).

“Bantuan ini bentuk keberpihakan pemerintah daerah kepada sektor pertanian. Tanah Datar sangat bergantung kepada sektor ini, sehingga perlu digenjot untuk meningkatkan produktifitas pertanian yang nantinya berujung kepada peningkatan kesejahteraan petani,” sampai Zuldafri.

Lebih lanjut Zuldafri katakan, pemerintah daerah senantiasa berkoordinasi dengan DPRD terkait dukungan alokasi anggaran pertanian.

“Harap dimaklumi, belum semua kelompok tani bisa menerima bantuan, tentunya secara bertahap serta terus ditingkatkan baik sisi jumlah dan jenis bantuan. Manfaatkan dan rawat bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai muncul masalah baru lantaran ada bantuan,” ucapnya lebih lanjut.

Kadis Yulfiardi menyampaikan bantuan yang diserahkan berasal dari APBD Tanah Datar berupa 2 unit alat bajak dan 8 unit mesin potong rumput.

“Kita ingin indeks panen meningkat, panen bisa 3 kali dalam setahun, salah satu caranya dengan mempercepat pengolahan lahan. Kita berharap pemberian bantuan ini bisa membantu petani dalam pengolahan lahan. Jangan sampai bantuan diterima tetapi lahan tetap juga terbengkalai,” ingat Yulfiardi.

Bantuan tidak hanya berasal dari APBD Kabupaten Tanah Datar tetapi juga diupayakan melalui APBN dan APBD Provinsi.

“Kalau mengandalkan APBD Tanah Datar tidak akan cukup, alhamdulillah berkat perjuangan bersama, kita juga peroleh bantuan dari APBN dan APBD Provinsi. Secara total bantuan alat mesin pertanian tahun 2020 yaitu hand traktor 41 unit, coltivator 6 unit, mesin potong rumput 21 unit dan hand sprayer 22 unit dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten,” ulasnya.

Kelompok tani penerima berasal dari Kecamatan Tanjung Emas, Lintau Buo Utara, Pariangan, Lima Kaum, X Koto, Salimpauang, Rambatan, Batipuh Selatan dan Tanjung Baru. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top