Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Tingkatkan Keterampilan, Tim ACT Sumbar Gelar Pelatihan Water Rescue

Dibaca : 215

Padang, Prokabar — Banjir hampir sebulan terakhir menimpa sejumlah wilayah rawan banjir di Sumatera Barat. Tanpa jeda, banjir terus menerjang Tanahdatar, Limapuluh Kota, Pasaman, Agam, Pesisir Selatan bahkan Kota Padang.

Aksi Cepat Tanggap (ACT ) Sumatera Barat sebagai Lembaga Kemanusiaaan dengan prinsip Total Disaster Management menyikapi bencana banjir secara menyeluruh. Mulai dari fase emergensi seperti evakuasi, bantuan logistik, pelayanan kesehatan cuma-cuma, trauma healing sampai pada fase recovery infrastruktur.

 

Sebelum jauh masuk kefase pemulihan, tentu permulaan yang paling penting adalah di fase kesiapsiaaan dan tanggap darurat bencana. Upaya ini disikapi ACT Sumbar dengan menyiapkan tim rescue yang punya kemampuan mumpuni. Dalam kasus bencana banjir, kemampuan ini bertumpu pada urusan water rescue, atau kemampuan menyelamatkan nyawa korban di dalam air.

Persiapan tersebut dilakukan Tim Disaster Emergency and Relief Management dengan menggelar Pelatihan Water Rescue, Minggu (11/11) dari pagi hingga sore hari, di Nagari Tikalak, Kec X Koto, Singkarak, Kabupaten Solok.

Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap Sumatera Barat Fadhli Septaviandra menjelaskan Pelatihan Water Rescue ini diikuti oleh 40 relawan, dibantu oleh pelatih dari Tim DERM-ACT. 

“40 Peserta merupakan perwakilan dari setiap Kota dan Kabupaten di Sumbar. dengan BPBD Kabupaten Solok” ungkapanya, Selasa (13/11).

Lebih lanjut ia menambahkan, tujuan kegiatan yaitu agar perwakilan dari setiap Kabupaten Kota siap menghadapi tanggap bencana baik di daerah masing-masing maupun Nasional.

“Kami berharap dengan diadakannya Pelatihan Water Rescue ini,  kemampuan para peserta dalam hal tanggap darurat dan kesiapansiagaan banjir terus meningkat, selain itu juga insyaallah dengan berkumpulnya para peserta ini, bisa menambah solid tim. Koordinasi menjadi semakin baik, sehingga lebih maksimal lagi dalam membantu masyarakat,” pungkasnya. (hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top