Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Tingkatkan Kapasitas Kewirausahaan, 60 Orang UMKM Bimtek Di Agam

Dibaca : 335

Agam, Prokabar — Sebanyak 60 orang UMKM di Kabupaten Agam mendapatkan kesempatan Bimbingan Teknik Peningkatan Kapasitas Kewirausahaan, di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Jumat (10/7). Dihadiri Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Provinsi Sumatra Barat, Zirma Yusri, Rinaldi selaku Anggota DPRD Provinsi Sumbar dan Fatimah selaku Kepala Diskoperindak Kabupaten Agam.

Kegiatan merupakan Dana Pokok Pikiran (Pokir) Anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat, Rinaldi Komisi III. “Kita bersyukur masih ada tokoh kita, memiliki struktur berfikir memajukan. Membangun koperasi itu sangat dibutuhkan orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena hanya dengan memiliki agama yang sangat baiklah, tidak memperturutkan hawa nafsu. Mencegah sifat serakah dan mau berbagi jika sudah sukses secara individu dan kelompok,” ungkap Zilma Yusri, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatra Barat saat memberi sambutan.

Kita pahami lanjutnya, sistem koperasi lah sesungguhnya yang mampu mensejahterakan umat. Seperti yang dicita-citakan pahlawan nasional kita, Muhammad Hatta sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Namun, untuk membangun sebuah koperasi, dibutuhkan kerja tim yang solid dan loyalitas tinggi.

“Pengurus harus berukhwuah Islamiah. Memiliki niat yang tulus dan ikhlas tulus. Tidak mudah berputus asa serta terus berjuang dengan penuh ikhtiar kepada Tuhan Yang Maha Esa,” lanjutnya.

Jadi tegasnya, kita harus memiliki dan memperoleh pemimpin yang komunikatif. Harus mampu menjalin komunikasi ke seluruh lini. Sehingga bisa merangkai jalinan hati dan menyatukan semua umat dan anggota yang di sekitarnya. Dan memajukan umat melalui koperasi tersebut.

“Jika setiap nagari memiki koperasi dapat saling berbagi, maka akan menjadi luar biasa,” imbuhnya.

Sementara itu, Rinaldi dalam kesempatan sempat mencurahkan pengalaman dan kisah perjalanan hidup dengan Trinda Farhan Satria. Merupakan sosok inspirator saat menjadi Ketua Osis SMAN 1 Tanjung Raya dulu.

“Beliau senior saya. Salah satu motivator sekaligus sosok inspiratif, terutama membimbing dalam pembina saat masih remaja. Terutama mendorong melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Beliau lah yang mendorong saya untuk bisa kuliah ke ITB. Alhamdulillah, Doa diijabah dan lulus di Fakultas Pertanian,” ujarnya.

Terkait kegiatan hari ini lanjutnya, kita kembali bersama-sama memiliki visi dan misi yang sama. Yakni membangun dan membesarkan kampung halaman Ranah Minang. Menjayakan UMKM dari kuliner dan kerajinan dari hasil turunan produksi pertanian dan perikanan. Kemudian dilanjutkan dengan membangun sistem pengelolaan yang baik. Dan hanya melalui koperasi lah itu dapat mewujudkan pemerataan kesejahteraan.

“Sementara, untuk pemasaran sangat strategis dengan pengembangan pariwisata. Karena kita memiliki alam yang indah dan lengkap di Agam,” tuturnya.

Namun hal itu tidaklah mudah dan membalikan telapak tangan. Butuh perjuangan dan kerja keras, karena harus melalui tantangan dan rintangan yang sangat keras. Dimasa globalisasi dan wabah Covid-19 ini sempat membuat anjlok seluruh sektor kehidupan.

“UMKM dan Koperasi adalah ujung tombak pemerintah daerah dan masyarakat dalam peningkatan perekonomian. Karena hanya sektor inilah yang mampu bertahan, disaat terjadi bencana atau krisis ekonomi global,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top