Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Tingginya Kasus Narkoba, Pemkab Pasaman Rencana Dirikan BNNK

Dibaca : 205

Pasaman, Prokabar — Pernah berkiprah di Pasaman, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) kini tinggal nama. Tidak ada lagi sekarang. Padahal ini sangat diperlukan. Ini jawaban Pemkab Pasaman.

Bertekat memberantas tindak tanduk peredaran narkoba, Pemkab Pasaman kembali berwacana mendirikan BNNK di daerah itu.

“BNNK Kabupaten Pasaman harus segera dibentuk. Kalau bisa secepatnya. Wacana pembentukan BNNK di Pasaman sudah lama kita ancang-ancang lagi,” kata Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama, Rabu (5/9).

Pemerintah daerah berharap, pemerintah pusat dalam hal ini Badan Narkotika Nasional Pusat segera membentuk BNNK di Kabupaten Pasaman.

Sebab, kelembagaan BNNK Kabupaten Pasaman sudah dibubarkan pada 2014 lalu dan kini kewenangannya berada di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Keterbatasan kewenangan Kantor Kesbangpol Kabupaten Pasaman menjadi penghambat dalam melakukan pencegahan bagi peredaran narkoba di tengah masyarakat. Kesbangpol hanya boleh melakukan sosialisasi terhadap bahaya narkoba.

Sementara itu, Kasatres Narkoba Polres Pasaman, Iptu Rony mengatakan, ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman jika ingin membentuk kembali BNNK di daerah itu.

Salah satunya harus ada lokasi dan tanah serta presentase kasus, geografis dan lain-lain. Selain itu ketersediaan anggaran juga harus ada. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top