Daerah

Tim Satgas Save Maninjau Bongkar 24 Petak Keramba Dari Danau Maninjau

Maninjau, Prokabar — Tim Satuan Petugas Save Maninjau dipimpin AW. Datuak Palimo kembali membongkar dan mengeluarkan keramba jaring apung di Tepian panyinggahan, Jorong Kubu Baru, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Sabtu (14/9). Sebanyak 24 unit dari satu pemilik dikeluarkan dari danau dengan memakan waktu 1 minggu.

“Ini mengeluarkan keramba sekitar 1 minggu dengan jumlah personil 6 unit dengan 24 petak keramba jaring apung. Cukup lama dikarenakan drumnya sudah banyak yang lepas sehingga besi bingkai menjadi mandep ke dasar danau,” ungkap AW. Datuak Palimo kepada Prokabar.com usai istirahat di sebuah dermaga.

Sebelumnya mereka sudah pernah membongkar keramba jaring apung terbuat dari besi, namun tidak separah kondisi saat ini. “Untuk menarik ke tepi saja membutuhkan waktu 3 hari, sedangkan jarak keramba ke tepi mencapai 200 meter,” terangnya.

Pembongkaran keramba sesuai permintaan pemilik keramba sendiri. “Jadi, kita dibantu langsung pemilik keramba sehingga memudahkan kerja kita. Dan kami berharap, masyarakat selingkar Danau Maninjau untuk bisa bekerja sama dengan kita. Sehingga danau kita dapat kembali bersih sedia kala. Terutama adanya keramba yang tidak lagi beroperasi, untuk bisa dibersihkan ke tepi danau,” pungkasnya. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top