Daerah

Tim Polres Pasaman ‘Kepung’ Jalan Aia Tabik, Lubuk Sikaping, Ada Apa

Pasaman, Prokabar — Malam sudah larut dan cukup gelap di sudut Jalan Aia Tabik, Jorong I, Nagari Persiapan Tanjung Beringin Utara. Sekelompok warga yang berjaga di Pos kemanan lingkungan (Kamling) setempat, terjaga dari duduk manisnya sembari menonton TV. Sebab, dari kejauhan di ujung jalan lampu khas mobil patroli polisi menerangi jalan masuk ke pemukiman Perumahan Tamber Indah, di Aia Tabik. Ramai pula rombongan ini

“Ada apa pula ini, ramai mobil patroli,” tanya warga satu sama lain.

Rombongan inipun seketika merapat ke depan pos. Buka certita, ternyata, ada penilaian pos Kamling. “Iya Pak, kami dari Satbimas Polres Pasaman. Dalam hal ini, melakukan penilaian terhadap beberapa pos Kamling di wilayah hukum Polres Pasaman. Penilaian ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-73,” kata Kasat Binmas AKP Eva Yulianti, Minggu (23/6) dini hari.

Di sisi lain, diakui AKP Eva, sebanyak tujuh pos Kamling di Pasaman, disambangi selama kegiatan ini. Masing-masing pos, merupakan perwakilan dari Polsek yanga da di wilayah hukum Pasaman.

“Jadi, kita ingin melihat, bagaimana hubungan petugas, terutama Bhabinkamtibmas di tengah masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman. Kita mengetahui, kegiatan ronda merupakan cara yang paling efektif dalam menjaga keamanan kampung. Melalui ronda, tugas kami sebagai pengayom dan pelindung masyarakat sangat terbantu. Makanya kami sangat mengapresiasi kegiatan ronda melalui penilaian dan reward nantinya,” kata AKP Eva.

Tidak saja keaktifan masyarakat dalam melakukan ronda yang dinilai tim ini. Kemampuan dan pengetahuan masyarakat serta perlengkapan yang ada di pos, juga dinilai. Mulai dari ketersedian peta kampung, alat pemadam, papan informasi, jadwal ronda yang terstruktur dan beberapa penilaian lainnya. (Ola)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top