Daerah

Tilang Elektronik Akan Diberlakukan, 16 Layar Monitor Disiapkan Untuk Pengawasan Lalin di Padang

Dibaca : 179

Padang, Prokabar — Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Sukur Hendri Putra mengatakan bahwa pihaknya menyediakan 16 unit layar monitor yang disediakan di ruangan regional traffic management center dalam penerapan tilang elektronik.

Peluncuran tilang elektronik secara nasional di Indonesia diundur menjadi 23 Maret 2021.

Meskipun jadwal peluncuran diundur, pihaknya telah merampungkan segala persiapan. Tilang elektronik dinyatakan siap untuk diterapkan di wilayah hukumnya.

“Kami persiapan sudah, tinggal peluncuran saja lagi. Semua sudah clear,” kata Sukur, baru baru ini.

Tilang elektronik ini akan memanfaatkan kamera pengawas (CCTV) yang telah dipasang di persimpangan jalan. Untuk di Kota Padang, terdapat lima persimpangan yang dipantau dalam penerapan tilang elektronik ini.

Lima persimpangan yang diawasi CCTV berada di jalan protokol. Di antaranya persimpangan Polresta Padang, kandang, Bank Indonesia, Rasuna Said hingga Jambria Masjid Raya Sumbar.

Sebelumnya, Kapolresta Padang, Kombes Pol Imran Amir menyebutkan, teknis tilang adalah jika pengendara melakukan pelanggaran lalu lintas, maka akan terdeteksi wajah hingga nomor kendaraan.

Pelanggaran yang menjadi prioritas di antaranya tidak mengunakan helm, melawan arus, tidak pakai sabuk pengaman hingga nomor kendaraan. Pengiriman bukti penilangan kepada pengendara akan memanfaatkan PT Pos Indonesia.

“Semua elektronik, surat tilang dikirim langsung ke alamat. Dalam satu hari sudah sampai surat tilang. Tilang elektronik ini berlaku 24 jam, sesuai aba-aba traffic light,” jelasnya. (gas)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top