Trending | News | Daerah | Covid-19

Musik

“The Power of Kepepet” Ala Dika Bassist ADA Band, Ciptakan ‘Senandung Lagu Cinta’

Dibaca : 193

Jakarta, Prokabar – Siapa yang tak kenal karya-karya apik dari ADA Band. Meski sering gonta-ganti personel di dalamnya, namun dari segi karya mereka selalu mendapat perhatian khusus dari penggemarnya.

Ya, band yang terbentuk pada tahun 1996 ini memiliki formasi awal yang terdiri dari Baim (gitaris & vokal), Iso (keyboard & backing vocal), Krishna Balagita (keyboard/piano), Dika (bass) dan E’el (drummer).

Kini ADA Band punya formasi baru, tersisa dari formasi awal hanya sang bassist yang masih bertahan. Pemilik nama lengkap Suriandika Satjadibrata ini melanjutkan ADA Band bersama Naga (vokalis), Marshal (gitar) dan Aditya (drum).

Di acara live IG @Se2ruan, Dika mengisahkan tentang dirinya yang terasah menciptakan lagu. Ternyata dibalik kemahirannya bermain bass, Dika punya sisi romantis yang tertuang dalam lagu ‘Senandung Lagu Cinta’.

“Inspirasinya datang dari senandung secara tiba-tiba. Ceritanya pernah pacaran sama yang beda agama. Lebih ke pengalaman pribadi sih,” jelas Dika menjawab pertanyaan pembawa acara @Se2ruan, Ifan Ohsi.

Mendengar pengakuan Dika, Ifan makin penasaran dan meminta sang bassist idolanya kembali berkisah.

“Seperti ada jurang yang dalam memisahkan kita dan tak mungkin dilalui. Ini lagu buat dia, pasti banyak merasakan hal yang sama. Kalau diteruskan kita mikir kedepannya bagaimana, walaupun sebenarnya bisa dijalani,” beber Dika.

Terlepas dari kisah pengalamannya membuat lagu, Dika bercerita tentang proses kreatif dari personelnya terdahulu.

“Sebenarnya nggak ada pembagian tugas, siapa yang bikin lagu. Tapi memang yang kreatif itu Khrisna dan kita terlena, tapi tetap otak ini jalan terus. Saya ikut ambil bagian mengaransemen lagu,” sebutnya.

Ketika di tahun 2008 Khrisna memutuskan hengkang, Dika mulai tergerak produktif menulis lagu. “Menyesuaikan kondisi, tapi kadang terjadi karena faktor ‘the power of kepepet’. Ide suka muncul begitu saja,” jelas Dika sambil tertawa.

Begitu juga ketika satu persatu personelnya mundur, Dika mengaku harus move on dan mencari karakter personel yang sesuai dengan kriterianya.

“Kebetulan nggak ada teori kita harus cari personel seperti apa. Kita sepakat siapa saja bisa asalkan bisa berkarya dengan nyaman. Ramuannya gitu, harus klik nggak hanya suara saja tapi kenyamanan harus diutamakan,” jelas Dika.

Seperti halnya ketika Naga (ex vokalis Lyla), Marshal dan Adi bergabung dengan ADA Band, Dika merasakan kecocokan dan kenyamanan.

“Ibaratnya jatuh cinta sama cewek langsung nge-klik aja. Secara obrolan, kreativitas, gila-gilaannnya, apapun nyaman. Chemistry langsung terbangun, meski banyak yang pro dan kontra,” akunya.

Menghadapi dua pendapat yang berbeda, Dika lebih memilih menjawab dengan karya. Rencananya ADA Band akan mengeluarkan single terbaru dalam waktu dekat ini.

“Saya pribadi nggak penting dengan omongan yang kontra. Terserah, yang penting kita menghasilkan karya dan rencana akan ada single terbaru lalu album. Tinggal menunggu waktu saja,” pungkas Dika. (beb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top