Daerah

Ternyata Pelaku Pembobol Toko Handphone di Lubuk Sikaping Seorang ‘Spesialis’

Pasaman, Prokabar

Kasus dua tersangka pencurian toko handphone Sasuai, di jalan Prof. Dr. Hamka, Jorong I, Nagari Tanjung Beringin, Kecamatan Lubuk Sikaping, terus dikembangkan.

Kedua pelaku yang diamankan, FJ (33) warga Padang dan TAS (27) warga Kabupaten Solok ternyata merupakan spesialis pencuri toko. Korban dari pertualangan kedua pelaku bersama dua rekannya yang masih DPO, tidak satu atau dua orang lagi. Sudah belasan, toko yang menjadi korban jarahan kedua pelaku.

“Bahkan, mereka ini melakukan aksinya tidak saja di satu daerah, sudah lintas kabupaten kota. Di Padang saja, ada 15 TKP, Pasaman 1, belum lagi Payakumbuh dan daerah lainnya di Sumbar. Ganas gerombolan FJ da TAS ini,” kata Kapolsek Iptu Fion Joni Hayes, Rabu (10/4).

Dikatan Fion, toko yang dikupaknya juga berfariasi. Mulai dari toko HP, butik, sepatu, laptop atau barang elektornik, sampai-sampai toko beras.

“Di Padang ada TKP nya beras sekitar satu ton, di Simpang Tabing. Ini pengakuan kedua tersangka yang berhasil kami korek. Saat ini, kami masih koordinasi dengan Polda dan Polres kabupaten atau kota untuk proses hukum atas kedua tersangka dan kawanannya,” lanjut Fion.

Di sisi lain, di Pasaman sendiri, pelarian kedua pelaku, berhasil dikandaskan 30 Maret dan 7 April lalu, berkat kerjasama anggota tim Polsek dengan Polda dan Polresta Padang. Tak luput pula, kerjasama dengan pihak Telkom, untuk melacak nomor imei HP yang dicuri oleh para pelaku.

“Berdasarkan pelacakan nomor imei inilah, kami mengantongi identitas kedua pelaku. Cukup lama proses pencidukan pelaku, sebab keduanya selalu berpindah-pindah. Kini, kita sedang fokuskan pengejaran dua DPO lainnya,” kata Fion.

Untuk di TKP konter HP Sasuai, kawanan FJ dan TAS beraksi dengan dua mobil rental. Satu mobil melakukan pengintaian. Satu lagi mengeksekusi pada dini hari 8 Februari lalu.

“Siangnya, satu unit berisikan dua pelaku, mengintai konter. Mereka pura-pura membeli kabel data. Malamnya atau dini hari, dua pelaku lain beraksi, mereka mengupak konter dengan linggis. Cukup cantik main pelaku ini. Pengalaman telah mencuri toko dalam jumlah besar, membuat mereka licin dan sulit terlacak. Meski begitu, pintar mereka, kami polisi lebih pintar lagi,” tutup Fion.

Sebelumnya atas tindakan kedua pelaku mencuri konter HP Sasuai ini, Reski, pemilik konter mengalami kerugian hingga Rp180 jutaan. (Ola)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top