Daerah

Terapkan Pelayanan Publik Berbasis HAM, Pasaman Raih Penghargaan Ini

Pasaman, Prokabar — Kabupaten Pasaman, berhasil meraih penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2019. Penghargaan ini dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Penghargaan diserahkan langsung oleh Dirjen HAM Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Mualimin Abdi kepada Bupati Pasaman, Yusuf Lubis di Gedung Merdeka, Jalan Asia-Afrika, Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12).

Penghargaan tersebut, kata Bupati Yusuf Lubis adalah wujud dari keseriusan Pemerintah Kabupaten Pasaman untuk dapat menerapkan pelayanan publik yang berbasis HAM.

Diakui Bupati Yusuf, penghargaan tersebut sebagai apresiasi negara kepada pemerintah daerah yang mengedepankan komitmen pemenuhan hak bagi warganya. “Terutama hak dasar di bidang kesehatan, pendidikan, hak perempuan dan anak dan hak di bidang lainnya,” kata Bupati Yusuf.
Ia berharap hasil yang baik ini harus selalu dipertahankan dan ditingkatkan demi memberikan pelayanan publik yang prima bagi masyarakat di Pasaman. “Pelayanan publik harus terus kita pertahankan. Meski ada beberapa yang kurang, akan terus kita perbaiki. Saya harap penghargaan ini bisa menjadi semangat untuk kita bersama semakin lebih baik,” jelas Bupati Yusuf.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Pasaman, Eri Hermawan mengatakan untuk bisa mendapatkan penghargaan kategori Peduli HAM, pemerintah daerah harus lebih dulu mampu memenuhi tujuh kelompok hak, meliputi hak atas pendidikan, kesehatan, perlindungan perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, rumah yang layak, dan hak lingkungan yang berkelanjutan.

“Penghargaan Peduli HAM ini sudah diraih oleh Kabupaten Pasaman untuk yang ke empat kalinya,” tukas Eri. (Ola)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top