Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Terapkan Parenting Education, SMKN 1 Lubuk Sikaping Gandeng Orang Tua Murid

Dibaca : 350

Pasaman, Prokabar — Dunia pendidikan semakin maju. Persaingan semakin ketat bagi siswa-siswa yang menimba ilmu di bangku pendidikan. Terutama di masa SMA sederajat.

Bagi para orang tua yang berpikiran, pendidikan ditupangkan hanya ke sekolah, sudah sepatutnya dirubah. Saat ini peran orang tua juga sangat penting dalam menunjang proses penempaan ilmu oleh anak. Biar terserap maksimal. Ini trik salah satu SMK rujukan di Pasaman menghadapi polemik penerapan pola pendidikan tersebut.

“Kita menerapkan parenting education bagi para orang tua. Jadi bukan anak saja yang kami didik, para orang tua mereka juga kami beri pemahaman. Guna mereset pemikiran mereka tentang pendidikan yang ditumpukan ke sekolah semata,” kata Kepala Sekolah SMK 1 Lubuk Sikaping, Muslim Rabu (18/7).

Dikatakan Muslim, penerapan parenting education ini untuk mencipatakan pola asuh pendidikan anak untuk menbangun karakter anak itu sendiri. Dimana para orang tua paham dalam mengasuh anak. Ada batasannya, batas kemampuan lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak.

“Pendidikan formal di sekokah, maka informal di rumah. Ini harus sejalan, tidak boleh terjadi ketimpangan. Maka dari itu kami menghimbau agar para orang tua menjauhi kebiasaan salah selama ini,” kata Muslim.

Kesalahan yang sering dilakukan para orang tua dalam pendidikan in formal di rumah yakni, bertengkar di depan anak, satu memarahi dan satu membela perilaku anak yang salah, terlebih tidak memberi ruang atau perhatian kepada anak kita yang terus tumbuh dewasa.

“K esalahan semacam ini buruk akibatnya. Anak kehilangan jati diri, menjadi-jadi ulah nakalnya hingga mencari kesenangan lain di luar rumah dengan huru hara. Jika sudah begini, ilmu yang ditempa di sekolah tidak terserap seutuhnya,” tutup Muslim. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top