Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Tentang Sentra Tenun, Ini Kata Mufidah Jusuf Kalla

Dibaca : 306

Tanah Datar, Prokabar – Ketua Dewan Kerajinan Indonesia (Dekranas), Mufidah Jusuf Kalla untuk ketiga kalinya mengunjungi sentra tenun yang berlokasi di Kenagarian Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo, Senin (2/9).

Sentra tenun Lintau ini digadang-gadangkan sebagai sentra industri tenun terbesar di Indonesia yang dilengkapi dengan asrama 35 kamar yang dibangun diatas lahan seluas 11.750 meter persegi.

Usai melaksanakan kunjungannya, Mufidah Jusuf Kalla mengatakan, jika niatnya untuk membuka sentra tenun di Sumatera Barat telah, khususnya di Lintau telah tercapai.

Awal mula dibangunnya sentra tenun ini tak lain agar semua orang bisa menenun dan mandiri sehingga mampu meningkatkan perekonomiannya.

“Sentra tenun ini didirikan dengan syarat agar bisa semua orang diterima sebagai murid. Supaya dia pintar, pandai, mencari nafkah sendiri dengan hasil karyanya,” ucap Mufidah Kalla.

Mufidah Kalla juga mengaku senang melihat perkembangan peserta didik di sentra tenun. Pasalnya, baru beberapa hari belajar, anak didik di sekolah tenun itu telah bisa menghasilkan karya seperti songket.

“Alhamdulillah 20 hari mereka telah bisa membuat songket,” tambahnya.

Istri dari Wakil Presiden RI ini sangat berkeinginan, seluruh anak didik sentra tenun mampu mandiri, membiayai diri sendiri maupun keluarganya. Mufidah Kalla juga berjanji akan sebisa mungkin membantu untuk memasarkan hasil kerajinan dari sentra tenun Lintau itu.

“Seandainya mereka tidak bisa menjual disini, dikirim, nanti saya bantu. Banyak yang mau jual. Sekarang saya masih bantu, benang saya belikan, makannya juga ditanggung,” tutup Mufidah Kalla. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top