Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Tentang Darma-Tani, Ini Kata Pengamat Politik

Dibaca : 433

Tanah Datar, Prokabar – Pengamat politik Universitas Ekasakti Padang, Musfi Yendra, menyebut pasangan H. Zuldafri Darma, SH dan H. Sultani yang diusung koalisi Partai Golkar dan PKS dipilkada Tanah Datar, memiliki peluang menang yang lebih besar.

Kedua pasangan ini klop dengan kekuatan yang saling mendukung. Zuldafri Darma, Epi Darma akrabnya adalah politisi senior di Tanah Datar, memiliki pengalaman dari bawah, sebagai pengurus partai, anggota legislatif dan kini Wabup Tanah Datar.

“Sosoknya yang sederhana sangat dekat dengan grassroot atau masyarakat umum. Siapa yang tidak kenal nama Epi Darma di Tanah Datar? Sultani juga mantan anggota DPRD Sumbar tiga periode dari Dapil Tanah Datar,” ungkap Musfi.

Menurut Musfi, selain sosok personal, kedua partai pengusung pasangan Zuldafri Darma-Sultani yang disebut Darma-Tani juga akan menjadi mesin politik yang kuat. Sebab mereka adalah kader inti partai pengusung.

“Yang membedakan pasangan Darma-Tani ini dengan kandidat lain adalah mereka merupakan kader inti dari partai pengusung. Bukan sekedar menumpang perahu atau mengurus KTA dadakan menjelang Pilkada saja. Pak Epi itu Ketua Golkar Tanah Datar dan Pak Sultani juga pengurus DPW PKS. Saya sangat yakin mesin kedua partai ini akan bergerak dengan cepat memenangkan kandidat mereka. Apalagi kedua partai ini memiliki basis yang kuat di Tanah Datar,” ungkap Musfi dosen di Fisipol Universitas Ekasakti (Unes) Padang ini.

Musfi juga menilai, partai yang tidak mengusung kadernya sendiri dalam kontestasi Pilkada tidak akan bergerak secara maksimal.

Pilkada ini kan syarat kepentingan elit partai, apalagi jika partai mengusung yang bukan kadernya sendiri karena faktor beli perahu umpanya. Itu rawan konflik di internal kadernya. Sehingga mesin politiknya tidak akan bergerak. Saya juga yakin akan banyak kader partai menyeberang ke kandidat lain, katanya. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top