Daerah

Tekan Biaya Produksi, Gubernur Sumbar Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik

Dibaca : 132

Solok, Prokabar – Gubernur Sumbar Mahyeldi mendorong Keltan Bukit Gompong Sejahtera gunakan pupuk organik demi pangan sehat untuk menekan biaya produksi.

Gubermur menyampaikannya saat mengadakan Temu Keltan Organik dengan Tema “Pertanian Organik Untuk Pangan Sehat, Halal dan Thoyyib Petani Sejahtera”.

Dia mengatakan sudah terbentuk 42 Desa Pertanian Organik yakni Padi, Hortikultura dan Perkebunan yang bersertifikat 185.577 Ha.

“Sektor Pertanian di Sumbar sudah mengalokasikan 10 persen APBD Sumbar untuk sektor pertanian harus berdampak kepada peningkatan pendapatan petani,” katanya.

Pertanian Organik hanya mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis, sehingga pertanian organik mampu menjaga kelestarian lingkungan kita.

Ini tidak sulit dan tidak terlalu mahal, karena menggunakan bahan sisa untuk menjadi pupuk dan pestisida nabati.

Hal ini identik dengan pertanian berkelanjutan, karena sistem pertanian organik ini bertujuan menyediakan produk pertanian, yang aman tidak merusak lingkungan.

“Makanya kaum milinial yang memiliki gaya hidup sehat harus mengkonsumsi beratribut aman, halal yang bernutrisi tinggi dan ramah lingkungan,” ucapnya.

Dia mengimbau untuk mengkonsumsi pangan organik yang kita produksi mulai dari kita, keluarga, tetangga dan masyarakat terutama ASN Pemda Sumbar.

“Ini menjadi peluang bagi petani organik untuk menjaga ketersedian produksi yang dibudidayakan secara organik,” harap Buya. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top