Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Tekan Angka Stunting, Ini Upaya Dinas Kesehatan Pasaman Tahun Ini

Dibaca : 181

Pasaman, Prokabar — Penanganan kasus stunting terus diupayakan Dinas Kesehatan Pasaman. Sebagai daerah dengan tingginya angka kasus stunting, penanganan stunting menjadi salah satu fokus kerja dinas setiap tahunnya.

Awal tahun ini, Dinas Kesehatan tengah berupaya mencatat dan mendokumentasikan capaian indikator program gizi mulai dari tingkat Puskesmas, kabupaten hingga provinsi.

“Kami saat ini tengah mengupayakan pencatatan capaian indikator program gizi atas pencegahan stunting itu sendiri. Dari sini, kami bakal melakukan evaluasi terhadap hasil yang telah kami lakukan di waktu sebelumnya (tahun 2019). Hasilnya, kami dapat menentukan langkah kerja dan inovasi untuk waktu yang akan datang, terutama di tahun 2020 ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pasaman, Arnida usai rapat penguatan intervensi suplementasi gizi ibu hamil dan Balita pada daerah lokus stunting, Kamis (27/2).

Dala rapat penguatan bersama pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Puskesmas dan instansi terkait ini, pihak Dinas Kesehatan juga meminta Puskesmas sebagai ujung tombak penanganan stunting, dapat melakukan inovasi dan terobosan baru dalam penanganan stunting.

“Salah satu upaya yang kita harapkan dari Puskesmas yaitu, pelaporan secara terus menerus kepada dinas dan Pemkab Pasaman akan cakupan program gizi, upaya penanganan dan hasilnya,” kata Arnida.

Diakui Arnida, dengan adanya laporan terus-menerus ini, bakal memperjelas langkah apa saja yang dibutuhkan Pemkab Pasaman dalam menekan angka stunting.

“Berbicara stunting, kita berbicara program kerja dan tindakan bersama. Penanganan kasus ini, memang titik terberatnya di Dinas Kesehatan, namun tidak terlepas dari bantuan instansi terkait. Seperti Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta dinas lainnya. Dengan adanya laporan di Puskesmas, tentunya dapat menjadi langkah bagi kami di pemerintahan kabupaten untuk berbuat apa di daerah lokus stunting itu sendiri,” tukas Arnida. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top