Daerah

Tanpa Bantuan Pemerintah, Warga di Pessel Perbaiki Jembatan Rusak

Pessel, Prokabar – Tanpa Bantuan Pemerintah, Warga Ganting Kubang, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar, terpaksa turun tangan memperbaiki jembatan yang rusak sejak lama itu.

“Kami berupaya bagaimana jembatan ini bisa dilalui dengan layak, dan tidak ada lagi makan korban lagi yang terjatuh, pemerintah tidak ada yang peduli untuk memperbaiki. Perbaikan ini tanpa bantuan pemerintah,” kata salah seorang warga Edwin (36) pada wartawan Rabu (18/9).

Ia menjelaskan, kondisi jembatan yang diperbaiki tersebut, saat ini memang dalam kondisi rusak parah. Sebab, bagian sisi lantainya, sudah ada yang lepas dan sulit untuk dilalui.

“Akibat kondisi lantai tersebut, sudah ada beberapa orang korban yang jatuh. Jadi mengingat kondisi itu, kami terpaksa berinisiatif sendiri,” ungkapnya.

Kepala Kampung setempat, Andi Zulma menjelaskan, jembatan tersebut rentan rusak akibat kondisi bangunan tidak bisa dilalui kendaraan bertonase berat. Sementara, karena memang kebutuhan tetap dilalui.

“Kalau bisa kondisi konstruksi diganti yang lebih kuat. Karena, kalau tidak tetap saja seperti walaupun sudah berkali-kali perbaiki,” jelasnya.

Menurut, Andi Zulma, untuk perbaikan dari warga, ini sudah yang ke enam kali diperbaiki. Tapi, tetap saja dengan kondisi sama, tidak bertahan satu bulan kembali rusak.

“Kalau untuk swadaya ini sudah yang ke enam kali kami perbaiki. Tapi, masih juga seperti itu juga,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Era Sukma Munaf mengungkapkan, perbaikan jembatan tersebut akan dilakukan dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp1 miliar, dengan
rencana strukturnya akan diganti dan tetap dengan konstruksi yang sama, ungkap singkat.(min)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top