Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Tanah Datar Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

Dibaca : 325

Tanah Datar, Prokabar – Bupati Tanahdatar Irdinansyah Tarmizi, menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Bencana Nasional RI (BKKBN) tahun 2018. Penghargaan diberikan karena Pemkab Tanahdatar dinilai berhasil mendorong Pembangunan Bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Pemberian penghargaan disematkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani, pada acara Temu Prestasi Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), di Bumi Beringin, Kediaman Gubernur Sulawesi Utara, Jumat (06/07) malam.

Bupati Tanahdatar Irdinansyah Tarmizi sampaikan terima kasih pada pemerintah pusat yang memberikan penghargaan dibidang kependudukan dan keluarga berencana tersebut.

“Ini semua tak luput dari upaya kita bersama dan keterlibatan semua unsur baik itu OPD, Dinas Terkait dan elemen masyarakat yang saling bersinergi, untuk menciptakan keluarga yang berencana, keluarga yang sejahtera dengan berbagai upaya peningkatan perekonomian keluarga,” tutur Bupati.

Irdinansyah juga menyatakan bahwa keberhasilan program Keluarga Berencana di Tanahdatar menurut penilaian Pemerintah Pusat tersebut dilihat dari keberhasilan program KKBPK dengan komitmen dan dukungan anggaran serta pencapaian jumlah peserta KB aktif dan peserta KB Baru. Hal itu juga ditandai dengan lebih cerdasnya masyarakat dalam mengikuti program KB, Keluarga Berencana bukan berarti menghambat atau membatasi kelahiran tapi justru mengatur jarak kelahiran.

“Selain itu kita di Tanahdatar juga punya program yang berbasis kepada masyarakat yang kurang mampu dan program peningkatan ekonomi keluarga”, katanya.

Seperti program Gapura Mantap yang telah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Gerakan pugar rumah bagi keluarga kurang mampu ini kita laksanakan sebagai upaya menciptakan keluarga yang sejahtera.

“kita tahu bahwa keluarga yang sehat dan sejahtera itu tentu didukung oleh sebuah tempat tinggal yang layak untuk ditempati, pada tahun 2018 ini kita akan merehab rumah tidak layak huni sebanyak 1.075 unit, jumlah ini kita tingkatkan dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 650 unit,” ujarnya.

Dalam Peringatan Puncak Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke XXV tersebut sebanyak 120 penghargaan berupa Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Darma Karya Kencana diberika kepada Kepala Daerah dan ketua TP-PKK se-Indonesia.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top