Daerah

Tanah Datar Pertimbangkan Batal Ikut TDS 2019, Ini Alasannya

Padang, Prokabar – Ada yang aneh di Tour de Singakarak 2019. Alasannya, Tidak satupun Etape yang melewati Danau Singkarak. Padahal 10 tahun sebelumnya, Singkarak menjadi etape wajib yang dilalui pebalap.

Hal ini membuat kesal sejumlah warga di Tanah Datar dan Kabupaten Solok. “Nama kegiatannya Tour de Singkarak, tapi kok tidak melewati danau, ada yang janggal. Malah tahun ini etapenya sampai ke Jambi,” sesal Iwan, warga Solok.

Tidak hanya masyarakat, Bupati Tanah Datar pun angkat bicara. Irdinansyah Tarmizi malah mengancam akan mempertimbangkan Tanah Datar untuk berpartisipasi tahun 2019 ini.

“Untuk Tour de Singkarak, prinsipnya harus lewati danau Singkarak. Padahal sebelumnya kita sudah usulkan agar ada etape yg mengelilingi danau singkarak dan sudah disetujui,” ujar Irdinansyah.

“Jika tidak melewati Danau Singkarak, kita akan pertimbangkan untuk berpartisipasi,” sambungnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengaku belum mendapatkan informasi pasti tentang etape tersebut.

“Saya baru tahu dan saya akan pelajari dulu,” ungkap Irwan Prayitno, sebagaimana dikutip dari Harian Singgalang.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian, menyebut etape yang beredar, belum final, dan dimungkinkan ada perubahan.

“Kami sekarang masih survei dan akan diputuskan bersama, bisa jadi iya, bisa jadi tidak,” tandas Oni Yulfian.

Pelaksanaan TdS 2019 ini melibatkan Sumatera Barat dan Jambi dalam 9 etape. Kegiatan ini akan digelar 2 – 10 November 2019. Sport tourism ini diharapkan Menteri Pariwisata RI bisa meningkatkan promosi wisata di Sumatera Barat dan Jambi.(laf)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top