Daerah

Tanah Datar Nyatakan Perlawanan Terhadap Rentenir

Dibaca : 361

Tanah Datar, Prokabar – Ruang Aula Eksekutif, Kantor Bupati Tanah Datar mendadak hening ketika Rapat Koordinasi Pembangunan Daerah yang dihadiri Bupati, Wakil Bupati, Sekda, dan seluruh pejabat di Kabupaten Tanah Datar, Kamis (4/3). Ini terjadi ketika Bupati Tanah Datar menceritakan penderitaan satu keluarga yang sampai tidak makan karena terjerat rentenir. 

Pada kesempatan itu, suasana menjadi haru, ketika Bupati menceritakan nasib seorang janda yang memiliki anak yang berstatus janda juga dan dua orang cucu sampai tidak makan hampir 3 hari, karena terjerat utang di rentenir. 

Dengan suara serak Bupati mengaku sangat prihatin dengan kondisi ini, sehingga dia memutuskan akan memimpin tim untuk melawan rentenir di Tanah Datar.

“Dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim, melalui rapat ini saya sampaikan, saya akan memimpin perlawanan terhadap rentenir di Tanah Datar,” tegasnya. 

Kepada OPD terkait, Eka Putra meminta agar disiapkan formula untuk mengatasi permasalahan rentenir ini. Dia meminta OPD mempersiapkan data, aturan, dan belajar dari daerah yang sudah berhasil mengatasi rentenir ini. 

“Setelah itu, siapkan instrumen, seperti koperasi syariah di nagari-nagari, pinjaman lunak tanpa agunan melalui bank, siapkan regulasinya. Kita harus sungguh-sungguh mengatasi ini. Niatkan untuk ibadah. Semoga jika ini berhasil, menjadi amal jariyah untuk kita,” ujar Eka Putra. 

Selain membahas masalah rentenir, pada rapat itu Eka Putra menegaskan kepada para OPD agar fokus pada visi misi dan program unggulan kepala daerah. Untuk mewujudkannya, menurut dia OPD harus siap dengan data, siap dengan regulasi dan siap dengan perencanaannya. 

Pada kesempatan itu, Eka Putra juga meminta OPD memaksimalkan pemanfaatan barang milik daerah dan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). (eym)

 


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top