Trending | News | Daerah | Covid-19

Lebaran

Tanah Datar Bolehkan Salat Idul Fitri, Ini Ketentuannya

Dibaca : 5.3K

Tanah Datar, Prokabar — Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengizinkan pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 Hidjriah bagi wilayah atau nagari yang terbebas dari temuan Covid 19. Pelaksanaan salat Id juga wajib dilaksanakan di mesjid dan dilarang dilaksanakan dilapangan terbuka.

Keputusan ini diambil berdasarkan hasil rapat koordinasi terkait persiapan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah di posko gugus tugas penanganan Covid 19 Tanah Datar, rabu (20/5).

Kabag Kesra Pemkab Tanah Datar, Afrizon mengungkapkan, ketentuan bagi nagari atau mesjid yang diperbolehkan melaksanakan salat Idul Fitri diantaranya, nagari yang tidak ditemukan kasus Covid 19, tidak berada disepanjang jalan nasional dan provinsi, dan nagari atau mesjid yang tidak bertetangga lansung dengan Kabupaten yang juga ditemukan kasus Covid 19. Setiap masjid, wajib melaksanakan protokol kesehatan yang ditetapkan.

Ia melanjutkan, bagi mesjid yang hendak melaksanakan salat Idul Fitri juga wajib mengantongi administrasi jaminan komitmen dari pengurus mesjid yang dikeluarkan oleh pihak Nagari.

“Mengacu pada maklumat MUI sebelumnya, mesjid yang boleh melaksanakan salat Idul Fitri juga wajib menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker, khotbah tidak terlalu panjang, tidak bersalaman. Nanti di lokasi juga akan dijaga oleh pihak kemananan,” ungkap Afrizon.

Afrizon juga mengatakan, jika untuk tahun ini, pemerintah kabupaten Tanah Datar meniadakan pelaksanaan salat Idul fitri yang biasanya dipusatkan di jantung Kota Batusangkar. Selain itu, pemerintah juga meniadakan takbir keliling, baik tingkat kabupaten maupun kecamatan.

“Dan khusus untuk pemerintah, tidak melaksanakan salat resmi, baik PHBI tingkat Kabupaten maupun tingkat Kecamatan,” Kata pria yang juga sekretaris MUI Tanah Datar itu.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top