Trending | News | Daerah | Covid-19

Peristiwa

Tambah 7 Orang. Yesrita: Masyarakat Harus Terapkan 3M Agar Terhindar Covid 19

Dibaca : 362

Tanah Datar, Prokabar – Sebaran infeksi Covid 19 di Tanah Datar masih bertambah, Jumat (13/11). Berdasarkan laporan Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas, Padang terdapat penambahan sebnyak 7 orang dan 1 orang sembuh.

Yesrita membenarkan jika 3 dari 7 orang yang terinfeksi Covid 19 hari ini, berasal dari paparan pondok pesantren di Kecamatan X koto.

“Ya 3 orang pelajar itu dari ponpes, dan ini masih paparan dari yang 12 kemaren. Kita sudah bertemu dengan pihak terkait jika untuk menghentikan penyebaran dari ponpes ini, untuk sementara waktu tidak ada PBM. Jadi di ponpes masih ada santrinya, tapi ini seperti isolasi dulu hingga hasil swab nya keluar,” ungkap Yesrita saat dihubungi melalui telpon genggamnya.

Selain dari ponpes, 4 orang yang terpapar Covid 19 berasal dari Jorong Cempaka Nagari Lubuak Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara sebanyak 1 orang, Padang Laweh Malalo Kecamatan Batipuh Selatan sebantak 1 orang, warga Jorong Jirek Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh sebanyak 1 orang, dan warga Jorong Batu Kadirang Andaleh Kecamatan Batipuh sebanyak 1 orang.

Sedangkan, data orang sembuh perempuan (52) yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan, warga Jorong Belerong Bunta Nagari Rao-rao Kecamatan Sungai Tarab.

Selain itu, Dinkes juga menginformasikan adanya satu orang pasien meninggal dunia pada kamis (12/11) dan merupakan warga Pasir Lawas Kecamatan Sungai Tarab.

“Almarhum meninggal di RS M Djamil Padang,” ungkapnya.

Yesrita menegaskan, jika sampai saat ini Kabupaten Tanah Datar masih berstatus zona orange atau beresiko sedang penyebaran Covid 19.

“Kita belum ada menerima informasi dari provinsi jika kita sudah di zona merah, sampai saat ini masih di zona orange. Update dari provinsi kan berakhir tanggal 14 November ini, baru diperbaharui lagi,” kata Yesrita saat dimintai tanggapannya terkait status zona penyebaran Covid 19.

Guna menekan sebaran Covid 19 di Tanah Datar, Yesrita mengatakan jika perlu penegasan implemetasi protokol kesehatan ditengah tengah masyarakat. Menggunakan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan harus menjadi perhatian masyarakat agar terhindar dari infeksi Covid 19.

“Saat ini kita butuh penegasan, bagaimana masyarakat kita betul betul menerapkan 3 M dalam atau saat beraktiiftas sehari hari,” tutupnya.

Dengan bertambahnya orang terinfeksi Covid 19 di Luhak Nan Tuo, maka akumulasi kasus terkonfirmasi telah mencapai 485 orang, dan 299 sudah sembuh dengan hasil negatif, serta meninggal dunia sebanyak 17 orang. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top