Daerah

Tahun Ini, Pemko Pariaman Perluas TPA Tungkal Selatan

Dibaca : 97

Pariaman, Prokabar — Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman tengah mengupayakan perluasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di Desa Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara dari 2,5 hektare menjadi 4,5 hektare.

“Kami masih berupaya menyewa lahan milik warga. Tahun kemarin, ada penambahan satu hektare, sehingga menjadi 2,5 hektare sekarang diupayakan tambah dua hektare,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman M. Syukri dilansir Prokabar dari MC Pariaman, Kamis (25/3).

Lebih lanjut ia mengatakan, syarat pemerintah pusat untuk membangun TPA yaitu lahan yang disediakan sekitar empat hektare sehingga dapat dibangunkan tempat pembuangan dengan sistem ‘sanitary renville’ atau sanitasi renville .

Menurutnya, dengan perluasan lahan serta adanya sistem sanitasi renville maka dapat mengatasi permasalahan TPA di daerah itu yang saat ini sudah penuh dengan sampah.

“Sejak kota berdiri dengan TPA sekitar satu hektare dan truk sampah yang masuk per hari banyak, tentu penuh,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, upaya perluasan lahan TPA tersebut sudah lama dilakukan oleh Pemkot Pariaman namun gagal hingga akhirnya saat ini upaya yang dilakukan membuahkan hasil dengan sistem sewa lahan milik warga.

Upaya tersebut mulai membuahkan hasil, lanjutnya, karena pihaknya mendatangi pemilik lahan yang domisilinya tidak saja di luar kota namun juga di luar provinsi. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top