Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Tahun Baru Hijriyah, Ini Pesan Wagub untuk Masyarakat

Dibaca : 235

Padang, Prokabar — Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit Datuak Malintang Panai menghadiri peringatan 1 Muharram Tahun Baru Hijriah di Masjid Al-Munawwarah Pilakuik Kelurahan Gunung Sariak Kecamatan Kuranji Kota Padang, Minggu (23/8/) malam.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya memberikan apresiasi kepada para jemaah masjid yang hadir, sekaligus mengajak masyarakat untuk menjadikan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah sebagai momentum untuk mengevaluasi diri selama satu tahun menjalankan aktivitas duniawi untuk memperbaiki segala perbuatan yang belum sesuai dengan tuntunan agama.

“Pergantian tahun baru Islam juga dimaknai sebagai momen untuk intropeksi diri atau muhasabah terhadap diri kita. Sekaligus hijrah untuk menjadi lebih baik,” kata Nasrul Abit.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan, meskipun banyak tantangan dan rintangan, sebagai kaum muslimin yang hidup pada masa pandemi Covid-19 ini, seharusnya menjadikan peristiwa hijrah sebagai momentum untuk bangkit dari keterpurukan dalam berbagai bidang. Peristiwa hijrah seyogyanya menjadi cambuk bagi semua.

Tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H dijalani dengan situasi yang berbeda. Karena adanya pandemi corona, umat Muslim tidak bisa merayakan seperti di tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, pergantian waktu Tahun Baru Islam kali ini harus tetap disambut dengan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan.

“Rasa syukur tersebut bisa kita lakukan dengan bertafakur. Dengan begitu, umat Muslim bisa merenungi perubahan yang ada pada diri sendiri dan berdoa meminta hidayah untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, selain itu kita bisa bersyukur diberikan keselamatan dan kesempatan untuk menjadi lebih beriman pada Allah SWT,” ucapnya.

Orang nomor dua di Sumbar itu juga mengajak masyarakat menciptakan ketenangan, baik dalam kehidupan sosial, rumah tangga maupun ketenangan hati diri sendiri dalam menghadapi cobaan seperti virus Corona atau Covid-19.

“Kalau hati kita tenang Insya Allah kita akan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jangan sampai kita hanyut berlarut-larut akan bencana Covid-19. Kita harus bangkit menghadapinya,” ujarnya. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top