Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Swab Massal, Nggak Sakit Kok, Cuma Geli

Dibaca : 142

Oleh : Vinna Melwanti

PADANG – Kantor Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumbar, Jalan Rasuna Said Padang, Kamis (17/12) terlihat ramai. Ratusan perempuan berseragam hijau dan biru toska terlihat antre.

Ya, hari itu, mereka menjani swab test untuk mendeteksi apakah virus corona menjangkiti mereka atau tidak.

Petugas kesehatan berbalut baju hazmat dengan hati-hati memasukan alat pengambil lendir ke hidung para peserta swab. Mereka yang diswab pun menahan napas agar proses pengambilan sampel berjalan dengan baik.

“Sudah buk,” kata petugas pada perempuan berseragam biru toska otu.

Memang tak butuh lama untuk mengambil swab seseorang. Kemudian swab yang diambil dari hidung dan tenggorokan dimasukan ke dalam botol.

“Nggak sakit kok. Cuma geli,” kata pengurus PKK tersebut.

Swab massal diselenggarakan PKK Sumbar, dalam rangka menyambut Peringatan Hari Ibu (PHI) yang jatuh pada 22 Desember 2020. Swab massal itu diperuntukan bagi anggota PKK dan masyarakat umum.

Wakil Ketua II TP-PKK Sumbar, Elinda Alwis, mengatakan swab massal dilakukan adalah sebagai tindak lanjut instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020, tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Kami PKK Sumbar selaku mitra pemerintah ikut berperan menyelenggarakan tes swab gratis untuk perempuan. Ini bertujuan untuk mengetahui secara dini apakah kami ada yang positif atau negatif. Maka langkah yang perlu diambil adalah melalui tes swab,” sebut Linda.

Selanjutnya ia, juga menyebutkan arahan TP-PKK Pusat meminta, penanganan Covid-19 harus melibatkan seluruh tim penggerak PKK se Indonesia. Terkhusus pengurus agar melakukan rapid test atau swab, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar dan lintas sektor terkait.

“Maka pada hari ini (Rabu) tes swab dilakukan bagi seluruh TP-PKK dan masyarakat baik kota maupun di kabupaten khususnya bagi perempuan. Swab ini gratis, sesuai dengan tema Peringatan Hari Ibu ke 92 tingkat nasional,” ungkap Elinda.

Sementara itu, Siti Zakiah selaku Wakil Sekretaris TP-PKK Sumbar juga mengatakan pelaksanaan tes swab gratis tersebut dilakukan tidak hanya di Provinsi Sumbar saja tetapi juga dilakukan oleh seluruh tim penggerak TP-PKK Provinsi se Indonesia.

“Untuk hari ini TP-PKK Prov Sumbar melakukan swab gratis ditargetkan 100 orang. Tes juga diikuti dari beberapa TP-PKK di 19 kabupaten dan kota.  Per titik 100 orang. Jadi total keseluruhannya 2.000 swab gratis se Sumbar,” ucap Siti Zakiah.

Pelaksanaan tes swab tersebut sudah dimulai sejak 14 lalu akan berakhir pada 21 Desember nanti dan semua aktivitas kemarin divideokan sebagai laporan ke Tim Penggerak PKK Pusat lengkap dengan data hasil selama dalam pelayanan.

Setelah itu, rencananya akan dilakukan evaluasi secara virtual oleh Tri Tito Karnavian Ketua Umum TP-PKK Pusat. (*)

 


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top