Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Sumbangan Korban Kerusuhan Wamena Tersisa Rp2,8 Miliar


“Arahan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, sisa tersebut akan diserahkan sepenuhnya kepada warga Sumbar yang masih tinggal di Wamena.”

Dibaca : 148

Padang, Prokabar – Hingga sore ini (11/10) donasi yang terkumpul dari rekening Sumbar Peduli Sesama mencapai Rp4,8 miliar. Dari jumlah tersebut telah digunakan untuk biaya tiket pesawat, uang saku, dan sewa mobil pemulangan korban kerusuhan Wamena Papua sebanyak Rp2 miliar. Jadi tersisa Rp2,8 miliar lagi.

Kepala Biro Humas Sumbar Jasman dalam mengatakan, sesuai arahan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, sisa tersebut akan diserahkan sepenuhnya kepada warga Sumbar yang masih tinggal di Wamena.

“Teknis pemberian akan ditentukan, tentu kami bicara dulu bagaimana dana ini tetap sasaran dan sesuai kebutuhan,” ujarnya, Jumat (11/10).

Sementara itu Sekretaris Ikatan Keluarga Minang (IKM) Wamena Nofri Zendra mengatakan, pihaknya sedang mengumpulkan data terkait kerugian perantau Minang di Wamena.

“Kami mulai data satu persatu kerugian yang dialami korban. Terutama mereka yang dibakar rukonya,” ujarnya.

Disampaikannya, IKM siap menjembatani Pemprov Sumbar dengan korban terkait bantuan tersebut. Sehingga memang yang membutuhkan mendapatkan bantuan.

“Bisa untuk memulai usaha, sebab ada yang habis seluruh harta bendanya,” katanya.

Untuk hingga saat ini sudah 601 perantau Minang korban kerusuhan Wamena yang pulang ke Sumbar. Pemulangan terakhir atas nama Putri (korban selamat saat kerusuhan) dengan dua orang keluarganya. Sementara 213 jiwa memilih bertahan di Wamena.(*/mbb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top