Trending | News | Daerah | Covid-19

Peristiwa

Sukseskan Pilkada, ASN Tanah Datar Wajib Menjaga Netralitas

Dibaca : 360

Tanah Datar, Prokabar – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah Kabupaten Tanah Datar, sampaikam ikrar netralitasnya terhadap Pilkada 2020. Berlangsung saat apel bersama di halaman Kantor Bupati Tanah Datar, Rabu (11/11) bertindak selaku pembina apel Pjs. Bupati Erman Rahman.

Dalam sambutannya, Erman Rahman menyampaikan ikrar yang dibacakan tidak hanya seremonial belaka, akak tetapi juga dijadikan pedoman bersama dalam mensukseskan Pilkada 2020. Mensukseskan yang dimaksud, ASN mesti mengedepankan netralitasnya.

“Tren pelanggaran netralitas ASN yang banyak terjadi dengan memberikan dukungan di media sosial atau masa, untuk itu kita semua ASN harus lebih berhati-hati dalam meninggalkan jejak digital, karena dapat berpotensi melakukan pelanggaran, bahkan dengan hanya menyukai “like” status salah satu calon,” sampai Pjs Bupati.

Kepada Kepala OPD, Pjs. Bupati berpesan agar dapat melakukan pencegahan terhadap pelanggaran netralitas ASN di lingkungan kerjanya masing-masing. Hal ini dapat dengan menciptakan iklim kerja yang kondusif dalam pencegahan, pengawasan, dan mensosialisasikan sanksi yang dapat dijatuhkan apabila ASN tersebut melanggar disiplin dan netralitas ASN.

Setidaknya, terdapat empat poin ikrar ASN yang dibacakan Pjs. Bupati Erman Rahman diantarany pertama menjaga dan menegakkan prinsip netralitas ASN dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik baik sebelum, selama, maupun sesudah pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020.

Menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik-praktik intimidasi dan ancaman kepada pegawai ASN dan seluruh elemen masyarakat serta tidak memihak kepada pasangan calon tertentu.

Menggunakan media sosial secara bijak, tidak dipergunakan untuk kepentingan pasangan calon tertentu, tidak menyebarkan ujaran kebencian serta berita bohong.

Menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun.

Apel dan penyampaian ikrar netralitas ASN ini turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Ketua KPU Kabupaten Tanah Datar, Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Datar, Sekda Irwandi, Asisten dan Staf Ahli Bupati, serta diikuti oleh seluruh kepala perangkat daerah dan camat di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top