Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Suir Syam Bakal Perjuangkan Anggaran Stunting dan Gizi Buruk untuk Pessel

Dibaca : 278

Pesisir Selatan, Prokabar — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dapil Sumbar I, Suir Syam bakal memperjuangkan anggran stunting dan gizi buruk di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Untuk itu, katanya, pihaknya bakal memperjuangkan anggran stunting dan gizi buruk ini ke Kementrian Kesehatan RI upaya ini bakal dilakukan secepatnya.

“Ya, untuk anggran kita perjuangan ke Kemenkes RI, soal besar anggran tergantung Kemenkes lah nanti, yang jelas kita minta sesuai kebutuhan kita di Pessel, “ungkapnya.

Dikatakannya, dirinya lebih memilih untuk ditempatkan di Komisi IX DPR RI. Salah satunya berhubungan lansung dengan kesehatan.

Alasan mengapa dirinya ingin menempati di Komisi IX, karena saat ini sangat memperhatikan penanganan stunting dan gizi buruk di ‘Negeri Berjuluk Sejuta Pesona’ itu.

“Saya bersama Anggota DPRD Kabupaten Pessel fraksi Gerindra fokus menangani stunting dan gizi buruk, “ujarnya pada Prokabar.com didampingi oleh wakil ketua DPRD Pessel, Hakimin, Minggu (16/2).

Menurutnya, dirinya bersama anggota DPRD Pessel fraksi Gerindra akan turun langsung ke lapangan untuk menggencarkan sosialisasi kepada para masyarakat mengenai bahaya dan cara menghindari stunting. Selain itu pihaknya juga akan membantu dari sisi regulasi dan anggrannya di Kementrian Kesehatan RI.

“Jadi anak-anak belita biar mendapatkan kemampuan untuk memiliki pengetahuan untuk makanan pangan serta ASI eksklusif dan baik, “ujarnya lagi.

Menurutnya, selama menyusui ada program pemberian ASI eksklusif dan promosi menyusui terhadap ibu. Sehingga ibu tidak memberikan makanan pengganti ASI sebelun usia enam bulan, ungkapnya.

Tak berhenti sampai di situ, lanjutnya, dalam menekan angka stunting di usia balita dimonitor melalui Posyandu. Di usia anak sekokah dilakukan imunisasi, program pemberian makanan tambahan dan pemberian tablet besi. Juga ada perhatian untuk usia remaja sampai usai perkawinan.

“Semua itu kami berikan dalam sosialisasi nantinya untuk menghadapi permasalahan kesehatan bagi masyarakat Pessel, “ulasnya.

Dalam kesempatan ini Wakil Ketua DPRD Pessel, dari Fraksi Gerindra, Hakimin mengatakan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinkes Pessel untuk mengatasi stunting dan gizi buruk ini.

Selian koordinasi dengan Dinkes, pihaknya juga mengumpulkan seluruh posyandu disetiap nagari.

“Kita komitnen soal mengentas stunting dan gizi buruk ini di daerah Pessel. Komitmen dari bapak Suir Syam untuk memperjuangkan anggaran ini di Kemenkes patut diapresiasi, “tutupnya. (min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top