Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Suhu Tubuh Pemilih 37°C, KPU Tanah Datar Siapkan Bilik Suara Khusus

Dibaca : 299

Tanah Datar, Prokabar – Berbagai persiapan jelang hari pencoblosan terus dipersiapkan penyelenggara pilkada di Tanah Datar dan stakeholder terkait. Selain pengamanan oleh pihak Kepolisian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar, mengungkapkan juga akan menyiapkan bilik suara khusus disaat pencoblosan surat suara bagi masyarakat yang memiliki suhu diatas 37,3 derajat celcius.

“Bilik khusus tersebut disediakan bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Jadi pemilih yang suhunya diatas 37°c nanti akan mrncoblos dibilik khusus, dan setelah itu kita sarankan untuk isolasi mandiri,” kata Komisioner KPU Tanah Datar Fitri Yanti saat menerima kunjungan Tim Pemantauan Pilkada Provinsi Sumatera Barat, jumat (4/12).

Selain menyediakan bilik khusus, KPU juga menyediakan masker dan sarung tangan sekali pakai bagi masyarakat yang datang ke TPS dengan tidak protokol kesehatan. Tinta tanda usai mencoblospun berbeda dengan bisanya, dimana tidak lagi menggunakam tinta celup melainkan akan diteteskan ke jari pemilih oleh petugas KPPS.

Disetiap TPS, KPU juga menyediakan dua tempat cuci tangan didua pintu masuk dan keluar ruangan jika TPS berada didalam ruangan.

Selain itu kata Fitri, bagi masyarakat yang tidak memenuhi panggilan disaat akan mencoblos pihak KPU Tanah Datar tetap melayani meskipun di luar jadwal penggilingan.

“Misalnya ada warga yang dipanggil pagi sementara warga ada yang pagi itu kesawah atau kepasar. Kita tetap melayani mereka meski diluar jadwal pemanggilan,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Daerah Tanah Datar Irwandi berharap seluruh pihak terkait untuk secara bersama dan saling koordinasi pada pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

Ia juga mengharapkan pihak KPU dan Bawaslu betul-betul siap dalam pelaksanaan pemilu terutama pelaksanaan protokol kesehatan. Jangan sampai terjadi klaster baru penyebaran COVID-19. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top