Daerah

Sosok Angku Yus Dt Parpati Di Mata AWR


Penasihat Ninik Mamak Pasukuan Caniago

Dibaca : 288

Agam, Prokabar – Bupati Agam, Andri Warman atau panggilan akrab AWR menyorot sosok Angku Yus Datuak Parpatih saat berkunjung ke Masjid Su’adaa Muhammadiyah, Jorong Tanjung Sani, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Jumat malam (23/4).

Ia menyebutkan ketokohan Budayawan Minangkabau itu menjadi potensi besar untuk kembali memajukan identitas budaya yang mulai memudar.

Angku Yus Datuak Parpatih yang kini bergelar Angku Yus Bandaro Bodi merupakan Penasihat Ninik Mamak Pasukuan Caniago Nagari Sungai Batang. Berkiprah dan berkarya melalui Rekaman Kaset Balerong Piraeus Ayah, sempat vital doeloe.

Pituah atau Gurindamnya telah dimulai sejak 1970-an lalu. Rekaman kaset beliau semakin melejit dan tersohor di Nusantara, hingga tahun 2010. Terutama masyarakat rumpun melayu Minang dan perantauan.

Teknologi henphone dengan media sosial seperti YouTube, WhatApp, Facebook, Twitter dan Instagram menghancurkan seluruh Studio Rekaman Kaset dan Video. Membuat produksi rekaman kaset dan video Angku Yus Datuak Parpatih mulai redup.

Meski demikian, hingga saat ini karya beliau masih tersebar luas di sejumlah daerah. Bahkan sudah ada masuk dalam medsos youtube berbentuk diskusi.

Sesuai dengan tiga pokok program prioritas Bupati Agam saat ini, memasukan Pendidikan Adat Istiadat berselaraskan Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah dalam kurikulum sekolah tingkat SD dan SMP Sederajad. Sangat sinergi dan cocok dengan sosok Angku Yus Dt Parpatih. Apalagi salah satu tetua adat Minangkabau yang cukup ahli dan paham.

Selain itu juga ada program lainnya seperti pendidikan Rumah Tahfiz dan Kampung Bahasa Inggris. Ketiga program itu terlihat jelas akan tertumpu kepada Pemerintahan Kenagarian, jadi persoalan pendidikan agama, budaya (adat) dan bahasa asing tidak hanya masuk dalam ranah pendidikan sekolah formal semata.

Melainkan juga masuk dalam penekanan tugas utama dari Pemerintahan Kecamatan bersama Ninik Mamak, Cadiak Pandai dan Alim Ulama dan seluruh komponen masyarakat lainnya.

“Tiga program itu menjadi prioritas kita kedepannya. Untuk itu kita harus bersama-sama mewujudkannya, agar Agam semakin lebih maju lagi,” tuturnya.

Berkenaan dengan budaya dan adat lanjutnya, Nagari Sungai Batang ini tersohor dengan tokoh nasional. “Untuk saat ini, saya baru saja berjumpa dengan Angku Yus Datuak Parpatih. Meski umur sudah tua, namun jiwanya masih penuh semangat,” ujarnya.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top