Daerah

Solok Selatan Mulai “Diserbu” Kabut Asap

Solsel, Prokabar – Di kawasan Kabupaten Solok Selatan, kabut asap mulai terpantau meningkat. Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan, Dinas Lingkungan hidup Solok Selatan Murtamin mengatakan, pihaknya kemarin telah mengukur tingkat kadar asap di daerah itu.

“Kemarin sudah diukur dan masih dalam batas aman, sementara untuk hari ini memang belum dilakukan pengukuran, namun secara kasat mata ketebalan asap terlihat meningkat dengan jarak pandang mungkin sekitar satu kilometer”, Kata Murtamin di Padang Aro, Selasa.

Kemunculan kabut asap ini katanya, belum diketahui secara pasti darimana sumbernya.

“Kita belum bisa memastikan sumber kabut asp ini, apakah kiriman dari luar daerah atau bukan” katanya.

Terpisah Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Solok Selatan Inroni Muharamsyah mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Satgas Karhutla mengenai kabut asap ini.

“Kita koordinasikan dulu bagaimana cara penanganannya, namun kita juga berharap hujan turun sehingga kabut asap ini menghilang”, Katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman mengatakan pihaknya belum bisa mengambil tindakan Penanggulangan kabut asap ini.

“Kita tunggu dulu laporan dari Dinas Lingkungan Hidup, dari laporan tersebut nantinya dirapatkan dengan Pimpinan dari rapat tersebut baru diambil tindakan baik pembagian masker maupun tindakan lainnya”, katanya.

Am (38) seorang warga dipadang aro mengatakan mulai merasakan sesak karena kabut asap tersebut dan berharap ada pembagian masker dari instansi terkait.

“Biasanya Asap tidak setebal ini, tetapi hari ini sangat tebal dan mulai terasa sesak saat menghirup udara jarak pandang juga terbatas paling satu setengah kilometer” Katanya.(*/mbb)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top