Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Soal Corona MUI Bukittinggi, Serukan Shallu fii Buyutikum

Dibaca : 188

Bukittinggi, Prokabar – Corona kian menggila, pada Kamis (26/3) saja, dari lima pasien positif, empat justru yang dirawat di RSAM Bukittinggi.Dari empat, itu dua warga kota tersebut. Pada hari yang sama MUI setempat memutuskan untuk meniadakan shalat Jumat di semua masjid dan diganti shalat Zuhur di rumah saja.

Shallu fii Buyutikum. Ini adalah kalimat tambahan lapaz azan yang sebenarnya tidak aneh. Penambahan lafaz itu sebenarnya lazim dalam dunia Islam,misalnya ketika hujan lebat, badai. Lalu kini corona. Menurut para ulama terkemuka Indonesia, taka da salahnya shalat di rumah, karena sakit dan takut.

Imbauan untuk itu sudah disampaikan oleh AA Gym, Ustad Somad, serta MUI Indonesia. Sejauh itu, masih banyak saja yang belum mengindahkan.
Keputusan MUI, KAN, LKAAM, Dinas Kesehatan dan unsur-unsur lainnya itu, diambil untuk menjaga warga kota agar terhindari dari virus corona. Bahkan MUI meminta agar shalat lima waktu untuk tidak berjemaahdi masjid, surau dan mushalla.

Walau begitu, rumah ibadah Islam tetap mengumandangkan azan, dengan menambahkan di akhri azan lafaz: Shallu fii Buyutikum, artinya shalatlah di rumah kalian.(nrs)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top