Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Soal BKBK, Pemkab Tanah Datar Sudah Keluarkan Rekomendasi Untuk 59 Nagari

Tanah Datar, Prokabar – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menegaskan jika tidak ada maksud memperlambat proses pencarian dana Bantuan Keuangan Bersifat Khusus (BKBK) ke nagari untuk tahun anggaran 2019 ini. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas PMDPPKB Nofenril saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis sore (19/12).

Nofendril mengatakan, hal ini tak lain agar tidak terjadi kesalahpahaman ditengah tengah masyarakat, karena belakangan ini banyak beredar informasi di media, baik media online maupun media sosial, tentang BKBK yang ditampung pada APBD Perubahan 2019.

“Untuk pencairan dana memang butuh proses dan waktu, pemerintah nagari perlu melengkapi dokumen yang dibutuhkan dan kita juga pahami keterbatasan sumber daya di nagari serta padatnya volume kerja yang juga harus dilaksanakan di nagari,” ujar Nofenril yang didampingi Sekdis Syahril dan Plt. Kabid Pemkeudes Miza Aziz, serta Yahya Kepala Seksi Keuangan Desa.

Hingga kamis sore, Dinas PMDPPKB sudah memberikan rekomendasi pencairan dana untuk 59 nagari dari 75 nagari ke Badan Keuangan Daerah untuk dicairkan.

“Kami siap menunggu sampai batas akhir Jum’at pukul 23.59 WIB di kantor untuk mengeluarkan rekomendasi sehingga dana tersebut bisa ditransfer ke kas nagari,” tegasnya lagi.

Nofenril katakan pemerintah daerah melalui Dinas PMDPPKB sudah menginformasikan kepada seluruh walinagari untuk melakukan percepatan realisasi dana BKBK melalui surat Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar nomor 140/214/PMDPPKB-2019 tanggal 20 November 2019 perihal Percepatan Realisasi Dana BKBK kepada Pemerintah Nagari Tahun Anggaran 2019.

“Sesuai surat tersebut, diminta wali nagari segera mengajukan permohonan pencairan dana sesuai Keputusan Bupati Tanah Datar Nomor 144/410/PMDPPKB-2019 tentang penerima dan besaran BKBK kepada Nagari yang bersumber dari APBD Kabupaten Tanah Datar tahun 2019 tanggal 16 Oktober 2019 dengan mempedomani Peraturan Bupati Tanah Datar Nomor 48 tahun 2018 tentang petunjuk teknis BKBK kepada nagari yang bersumber dari APBD Kabupaten Tanah Datar paling lambat 20 Desember 2019,” sampai Nofenril lagi

Nofenril juga jelaskan upaya untuk percepatan pencairan dana, setelah finalisasi perubahan data penerima dana BKBK berdasarkan surat Sekretaris Daerah Tanah Datar Nomor 900/1760/BKD-Angg/2019 tanggal 10 Oktober 2019 perihal Perubahan data dana bantuan keuangan bersifat khusus kepada Pemerintah Nagari Tahun anggaran 2019 segera ditindaklanjuti oleh Dinas PMDPPKB dan dalam jangka waktu 6 hari kemudian sudah ditetapkan melalui SK Bupati pada tanggal 16 Oktober 2019.

“Setelah terbit SK, kami segera menginformasikan kepada wali nagari baik melalui grup whatsapp maupun secara langsung dengan maksud agar disiapkan segala kelengkapannya seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, yang pada intinya pemerintah daerah tidak ada kepentingan memperlambat prosesnya, tetapi bagaimana dana BKBK sebesar Rp. 58,766 miliar ini bisa cair, toh ini juga untuk pembangunan Tanah Datar,” tegasnya. (eym)

Berani Komen Itu Baik

Tirto.ID
Loading...
To Top