Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Siaga Covid 19, BTB Agam Semprotkan Desinfektan Di Sejumlah Lokasi Rawan

Dibaca : 251

Maninjau, Prokabar — Corona Virus Disentre 2019 atau lebih dikenal Covid 19 telah menjadi masalah darurat nasional dan internasional. Hal tersebut membuat Baznas Tanggap Darurat Kabupaten Agam ikut andil dalam kewaspadaan pencegahan penyebaran virus berbahaya tersebut.

“Aksi ini sudah kita mulai sejak Jumat (19/3) lalu. Setelah Baznas Pusat memberikan intruksi penyemprotan desinfektan, penyediaan atau pemasangan hand sanitizer di kantor hingga aksi bersih goro,” ungkap Dodi, Ketua BTB (Baznas Tanggap Bencana) Kabupaten Agam kepada Prokabar.com, Saat melakukan penyemprotan desinfektan di Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka, Jorong Batung Panjang, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Senin (23/3).

Seiring intruksi Bupati Agam, Indra Catri, aksi semakin gencar dilakukan BTB kabupaten Agam. Setelah melakukan aksi bersih-bersih di kantor dan sejumlah masjid, kegiatan dilanjutkan penyemprotan desinfektan di lingkungan kerja dan masjid.

“Hari ini, Senin (23/3), kami melakukan penyemprotan desinfektan di sejumlah titik yang dianggap paling rawan penyebaran Covid 19. Aksi sosial ini sesuai arahan pimpinan,” ujarnya.

Lokasi pertama, BTB Agam menyemprot ramuan sejumlah cairan pembersih itu ke lingkungan Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka. “Lokasi ini sangat ramai dikunjungi wisman Malaysia, Eropa, maupun wisatawan domestik seperti Jakarta, Medan dan Provinsi Riau. Tidak tertutup kemungkinan, mereka yang datang sudah terinfeksi Covid 19. Dan harus kita antisipasi dengan banyak hal,” tuturnya.

Dodi juga menambahkan agar semua masyarakat sekitar museum dan destinasi wisata, untuk waspada dan menjaga diri. Selalu memperhatikan kebersihan diri, lingkungan dan kesehatan.

Setelah seluruh ruangan dan sekitar halaman Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka diseprot, dilanjutkan ke Komplek Makam Syekh Abdul Karim Amrullah. “Di sini juga sering dikunjungi wisman Malaysia. Selain Makam, juga ada Kutubchanah. Sebuah rumah baca dan menulis milik Ulama besar, ayah dari Buya Hamka. Terdapat sejumlah perpustakaan dan dokumen aksara jawi,” ulasnya.

Tim BTB Agam juga menyempatkan penyemprotan di Surau Jorong atau Surau Doktor Abdul Karim Amrullah. Baru dilanjutkan ke MTsS Muhammadiyah Sungai Batang. Seluruh ruangan dan kantor, jadi bagian penyemprotan desinfektan.

Kegiatan berakhir penyemprotan di Masjid Ummi Qura, di Jorong Bancah, Nagari Maninjau, Kabupaten Agam. “Masjid ini merupakan tertua di Nagari Maninjau. Salah satu situs cagar budaya Kabupaten Agam. Banyak wisatawan singgah dan beribadah di sini. Dengan aksi penyemprotan ini, semoga dapat mencegah penyebaran Covid 19. Berharap terhindar dari seluruh masyarakat,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top