Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Setiap Warga Sumbar ‘Wajib’ Pakai Masker

Dibaca : 145

Padang, Prokabar — Jika ingin kasus konfirmasi covid berkurang, maka masyarakat wajib pakai masker dan semua laksanakan disiplin protokol kesehatan saat keluar rumah dan ditempat umum. Jika tidak suasana hari ini tidak akan memberi kebaikan dalam penanganan antisipasi penyebaran virus corana di Sumbar.

Hal ini ditegaskan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno beberapa saat lalu.

Gubernur juga mengatakan, pakai masker itu ibarat pakai helem di jalan, jadi pakai masker itu wajib pada saat berdialog atau sampaikan pesan dalam berkomunikasi sehari-hari.

“Jangan seperti orang hanya bawa helem pada saat di jalan raya dan baru ketika berhenti helemnya di pasang itu berarti sia-sia. Maka pakai masker saat bercerita memyampaikan sesuatu, sama pakai helem pada saat berkenderaan di jalan raya baru ada dampak kebaikannya,” ujar Irwan Prayitno.

Dirinya berharap perda penanganan covid 19 di Sumbar segera bisa selesai agar pelaksanaan disiplin protokol covid efektif dilaksanakan karena ada sanksi yang tegas, denda dan kurungan hukuman lain sesuai aturan yang ada.

“Jika perda tersebut selesai kita akan lakukan razia dan penertibkan masyarakat agar melaksanaan disiplin protokol kesehatan secara baik dan benar. Jika ada masyarakat tidak pakai masker keluar rumah akan terkena denda dan kurungan sesuai tingkat kesalahan dan kelalai disiplin protokol kesehatan yang dilakukan,” kata gubernur mengingatkan.

Gubernur  kembali menerangkan pemerintah provinsi Sumatera Barat dalam penanganan antisipasi penyebaran covid 19, melakukan testing, tracking, isolasi dan treatmen dan untuk mendukung semua itu Sumbar memberikan swab gratis.

“Siapa saja yang merasa ada gejala covid 19 silahkan datang ke tempat pelaksanaan swab yang telah ditetapkan gugus tugas penganan covid 19. Ada di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) bagi setiap orang yang datang dan masuk ke Sumbar, rumah sakit dan pukesman yang telah ditetapkan. Tentu dengan membawa identitas diri dan kartu keluarga, swab dilakukan secara gratis,” ungkapnya. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top