Peristiwa

Setengah Hektar Perkebunan Warga di Koto Tangah Tanah Datar Terbakar

Tanah Datar, Prokabar – Kebakaran lahan kembali terjadi di Tanah Datar, Jumat malam (13/9). Lebih kurang setengah hektar lahan perkebunan warga, terbakar di Nukit Guguak Banta, Jorong Koto Tangah, Nagari Koto Tangah Kecamatan Tanjung Emas.

Lahan yang terbakar itu sebagian merupakan ladang karet dan ladang buah jeruk purut milik warga setempat. Beruntung, api tidak menyebar ke pemukiman warga, terlebih di sekitar lokasi kebakaran memiliki jenis tanah gambut, sehingga mudah dilalap api.

Guntur, salah seorang pemilih ladang mengaku tak tahu asal muasal api yang membakar sebagian ladangnya. Ia baru mengetahui jika ladang miliknya itu terbakar dari warga lain.

“Awak sadang duduak di rumah, datang tetangga mahimbauan kalau ladang awak tabaka (saya sedang duduk di rumah, kemudian datang tetangga memberitahu kalau ladang saya terbakar),” ucapnya.

Ia juga mengaku telah berusaha agar api tidak meluas dengan membatasi jilatan api dengan menggunakan alat seadanya.

Untuk memadamkan api yang membakar lahan perkebunan warga tersebut, BPBD Damkar Tanah Datar menurunkan satu unit kendaraan pemadam dan pompa apungnya.

Petugas juga sedikit mengalami kesulitan memadamkan api, karena lokasi kebakaran yang terletak di lereng bukit dan jauh dari jalan, keberadaan sumber air juga menjadi kendala utama. Api baru bisa dipadamkan satu jam kemudian.

“Ini yang terbakar rumpun bambu, dan membahayakan ke pemukiman penduduk. Kalau rumpun bambu tidak luas, di areal kebun karetnya yang luas,” ucap Miko Sandra, unit pemadam kebakaran BPBD Damkar Tanah Datar.

 

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti awal sumber api yang membakar lahan perkebunan warga itu. Untuk kerugian materil juga belum bisa ditaksir, karena lokasi kejadian yang minim penerangan.(eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top