Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Sepanjang 2020, Kasus Peredaran Narkoba Tertinggi Ditangani Kejaksaan Negeri Pasaman

Dibaca : 151

Pasaman, Prokabar — Sepanjang tahun 2020 kemarin, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat menangani 144 perkara Pidana Umum (Pidum) yang dilimpahkan dari Polres dan Polsek di daerah setempat.

Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman, Fitri Zulfahmi mengatakan dari jumlah tersebut, 128 perkara di antaranya sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping.
Kajari Pasaman, Fitri Zulfahmi menjelaskan, saat ini masih ada 16 perkara yang masih mengajukan banding dan kasasi.

Adapun klasifikasi perkara pidana umum ini yaitu perkara orang dan harta benda 34 perkara. Judi dan kamtibmas 55 perkara, kemudian narkoba 55 perkara.

“Perkara Narkotika masih tertinggi di Pasaman,” kata Fitri Zulfahmi.

Sementara untuk perkara tilang 3.395 perkara yang sudah diputus semua yang barang buktinya sudah diambil pengendara.

“Untuk perkara pidana khusus sebanyak dua perkara yang masih penyelidikan dan ditingkatkan ke penyidikan. Kemudian satu perkara tahun lalu sudah diputuskan di Tipikor padang,” katanya.

Untuk penegakaan hukum di Pilkada Pasaman diakui Fitri Zulfahmi berjalan aman dan lancar. “Kami juga melakulan kegiatan penyuluhan hukum kepada masyarakat dan sekolah. Kemudian penerangan hukum kepada para wali nagari dan program jaksa menyapa di RRI Bukittinggi sebanyak lima kali dalam setahun,” pungkasnya. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top