Daerah

Sepanjang 2018, Panti Andam Dewi Bina 40 Wanita Diduga PSK

Solok, Prokabar – Sepanjang tahun 2018, Panti Sosial Karya Wanita (PSKW) Andam Dewi, Kabupaten Solok membina dan merehabilitasi 40 orang wanita yang diduga sebagai Pekerja Seks Komersial.

Mereka merupakan wanita yang terjaring operasi aparat penegak hukum di berbagai kawasan di Sumatera Barat sepanjang tahun ini.

“Selain itu, ada juga yang dari luar (Sumbar). Semua yang terjaring dan terbukti, maka dikirim kesini,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah PSKW Andam Dewi, Faisal.

Ia menjelaskan, program rehab dan pembinaan dilakukan antara waktu 6 hingga 8 bulan. Selama program berjalan, mereka diberikan berbagai macam pelatihan.

Rehabilitas yang dilakukan adalah menyangkut pembinaan fisik, mental, Sosial dan keterampilan.

“Mereka dididik untuk bisa keluar dari kebiasaannya dan dibekali dengan keterampilan agar bisa mandiri dan tidak lagi kembali ke dunia malam,” sebut dia.

Setelah pembinaan selesai, semua wanita itu akan dipulangkan ke keluarganya dan diberikan modal berupa barang-barang yang bisa digunakan untuk menyambung hidup.

Peralatan itu sebut dia, berupa mesin jahit, atau alat memasak, tergantung keterampilan yang dikuasainya selama menjalani masa rehabilitasi.

“Setiap orang berkesempatan untuk berubah, dengan rehabilitasi ini diharapkan mereka tak kembali lagi ke dunia malam dan hidup mandiri seperti sedia kala,” tambahnya kemudian.(*/mbb)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top