Daerah

Sempat Berkurang, Kabut Asap Kembali Menyelimuti Luhak Nan Tuo

Tanah Datar, Prokabar – Kabut asap di wilayah Tanah Datar mulai kembali pekat pada hari ini Senin (16/9). Kabut asap yang sebelumnya sempat berkurang itu, kini mulai kembali menyelimuti Kota Batusangkar dan sekitarnya. Kabut asap ini bahkan juga mengganggu pandangan warga dan mulai membuat pernafasan ikut terganggu.

“Kemarin sudah mulai berkurang kabut asapnya, sekarang sudah pekat lagi. asapnya buat sesak nafas, apalagi kita lagi berkendara, menggunakan motor juga mata agak sedikit perih,” ucab Suci warga Sungai Tarab.

Kabut asap yang terjadi mulai terasa pekat pada siang hari. Kabut asap turut mempengaruhi jarak pandang, dimana jika pada hari kemaren (Minggu) jarak pandang mulai berangsur normal, namun kini diperkirakan hanya 2 hingga 4 kilometer.

“Kendaraan yang melintas dibawah itu saja mulai terlihat samar. padahal jarak Sungai Tarab ke Pasar Batusangkar sekitar 4 kilometer. Mungkin kemaren hembusan angin kencang, jadi kabutnya terbawa arus angin. Kini, cuaca sedikit tenang, maka kabutnya kembali lagi mungkin ya,” tambahnya.

Sejak beberapa hari terakhir, kabut asap kiriman provinsi tetangga, Riau dan Jambi menyelimuti beberapa kabupaten di Sumatera Barat, dan tak terkecuali kabupaten Tanah Datar. Sebelumnya, Pemerintah Tanah datar juga telah membagi bagikan 10 ribu masker kepada peserta didik dan masyarakat.(eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top