Daerah

Semester Pertama 2019, Remaja Jadi Penyumbang Terbanyak Kecelakaan Lalu Lintas Di Pasaman

Pasaman, Prokabar — Jumlah kasus kecelakaan lalu lintas di Pasaman cukup memprihatinkan. Satlantas Polres Pasaman mencatat, periode semester pertama, Januari-Juni 2019, ada 92 kasus kecelakaan lalu lintas. Korban ada yang meninggal, luka berat atau ringan dengan jumlah 187 orang.

Kasatlantas Polres Pasaman, Iptu Julisman mengatakan, mayoritas penyebab kecelakaan karena melebihi batas kecepatan, melanggar aturan tertib dalam berlalulintas dan kebanyakan tidak mengenakan helm, serta pengendaranya kebanyakan anak dibawah umur alias remaja.

“Terhitung sejak Januari hingga Juni, dari 92 itu sudah 20 korban meninggal dunia,” kata Iptu Julisman, Jumat (19/7).

Lebih lanjut, dalam kasus lakalantas tersebut, kendaraan yang mendominasi terjadi kecelakaan adalah kendaraan sepeda motor roda dua, disusul kendaraan barang, dan kendaraan umum.

Adapun jumlah kerugian dalam kasus sepanjang Januari hingga Juni 2019 kemarin mencapai Rp.61.575.000.

“Di sisi lain, sepanjang tahun 2018 lalu, sedikitnya terdapat 181 kasus kecelakaan lalu lintas, dari angka tersebut, 41 meninggal dunia, lima luka berat dan 305 luka ringan. “Sedangkan untuk kerugian materil dari tahun lalu itu mencapai Rp.133.850.000,” terang Julisman.

Julisman menekankan, untuk mengantisipasi terjadinya kasus laka di jalan raya pihaknya meminta pengguna jalan harus tetap berhati-hati dan mengutamakan keselamatan saat berkendara. (Ola)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top