Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Selamatkan Hak Suara Pemilih Pemula, Disdukcapil Pasaman Bersitungkin Melakukan Perekaman

Dibaca : 81

Pasaman, Prokabar — Tingginya angka pemilih belum melakukan rekam KTP elektronik mengancam pemilih tersebut tidak bisa menggunakan haknya. Walaupun secara defakto mereka sudah berhak untuk menyalurkan aspirasinya dibilik suara.

Namun secara dejure mereka terancam tidak bisa menyalurkan haknya, karena mereka belum punya KTP-el sebagai bukti bahwa mereka merupakan penduduk Kabupaten Pasaman.

Hal ini kata pihak KPU Pasaman ditegaskan dalam PKPU nomor 8 tahun 2018 pasal 7 ayat 2 dan 3, bahwa pemilih yang terdaftar dalam DPT, disamping harus membawa surat pemberitahuan pemilih (C6-KWK), pemilih juga wajib menunjukkan KTP elektronik.

Ini menjadi ancaman serius bagi pemilih tersebut dalam merealisasikan hak pilihnya. Tidak ingin hak suara masyarakat Pasaman terbuang sia-sia, Disdukcapil Pasaman kejar target.

Pada 5 November kemarin Disdukcapil Pasaman melakukan momentum gerakan mendukung perekaman KTP, Dinas Dukcapil menjadwalkan ulang perekaman KTP di seluruh kecamatan di Kabupaten Pasaman.

KPU Kabupaten Pasaman sudah mensosialisasikan jadwal tersebut melalui PPK dan PPS.

Kadisdukcapil Pasaman, Sukardi menjelaskan, saat ini petugas di lapangan sudah bersitungkin melakukan perekapan KTP elektronik. Terutama bagi pemilih pemula ini. Bahkan di hari libur pun, petugas tetap melakukan jemput bola ke daera-daerah yang telah dijadwalkan.

“Kita tidak akan berpangku tangan dalam mensukseskan Pilkada terutama di Pasaman. Semampu dan semaksimal mungkin, ribuan pemilih pemula yang belum melakukan rekam KTP ini bakal kami datangi. Tentunya kami meminta kerjasama dari masyarakat itu sendiri,” pungkas Sukardi. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top