Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Selamat, Nagari Batu Taba Raih Dua Penghargaan Dari Pemkab Tanah Datar

Tanah Datar, Prokabar – Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuah Selatan Kabupaten Tanah Datar meraih Juara I Prediket Kepatuhan Tinggi Pemerintahan Nagari dengan jumlah nilai 100.

Selain meraih prestasi itu, Nagari Batu Taba juga menjadi Juara I Inovasi Pelayanan Publik Pemerintahan Nagari dimana, Nagari itu mampu memberikan layanan ke masyarakat diluar jam kerja reguler.

Penghargaan diterima langsung Wali Nagari Batu Taba Destriyanto yang diberikan oleh Asisten III dan Asisten Ombudsmen Adel Wahidi.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya mengatakan, pelayanan publik yang berkualitas telah diatur dalm undang undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

 

“Untuk di daerah telah kita terbitkan peraturan Bupati nomor 41 tahun 2017 tentag penyelenggaran pelayanan publik. Dan keputusan Bupati nomor 462 dan 463 tahun 2018 tentang sarana da mekanisme prosedur pengelolaan pengaduan pelayanan publik di lIngkungan kabupaten Tanah Datar,” ucap Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, jika dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih prima, pemerintah Tanah Datar telah bekerjasama dengan Ombudsman RI perwakilan Sumatera Barat. Pemkab Tanah Datar juga telah melakukam MOU pada oktober lalu dengan Ombudsman yang bertugas melakukan pengawasan terhadap pelayanan publik.

“Tanah Datar Dianugrahi prediket kepatuhan tertinggi oleh Ombudsman RI. Dengan hasil positif ini, kami menularkannya ke pemerintah Nagari sebagai ujung tombak penyelenggaraan layanan ke masyarakat. Dengan metode yang sama, bagian organisasi melanjutkan pembinaan pelayanan ke Nagari dengan menetapkan 40 Nagari yang diikutsertakan,” ujar Bupati.

Meski sebagian perangkat daerah telah berkinerja baik, Bupati juga tidak menutup mata, jika masih menemukan perangkat daerah yang berkinerja buruk, dan tidak mematuhi UU nomor 25 tahun 2009.

“Setalah dilakukan pembinaan 4 tahun berturut turut, masih berkinerja buruk. Dan ini akan menjadi catatan bagi saya terhadap komitment mereka misi Bupati Tanah Datat kedepannya,” tegas Bupati.

Dalam kesempatan ini, penghargaan juga diberikan kepada RSUD Hanafiah Batusangkar, kecamatan Pariangan, Dinas PMPTSP Naker sebagai perangkat daerah dengan prediket kepatuhan tertinggi. Selain itu, prediket kepatuham tertinggi tingkat nagari juara satu diraih nagari Batu Taba, disusul oleh Nagari Simpuruik dan Sumanik.

Sedangkan, untuk piagam penghargaan inovasi pelayanan publik tingkat Nagari diraih oleh Nagari Batu Taba, Nagari Simpuruik, dan Nagari Kumango. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top