Nasional

Selamat, Gubenur DKI Terpilih Jadi Ketua APPSI yang Baru

Jakarta, Prokabar — Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2019-2023.

Anies dipilih sebagai Ketua Umum APPSI dalam kegiatan Musyawarah Nasional VI APPSI tahun 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11).

“Teman-teman di APPSI, para gubernur mempercayakan kami untuk menjadi Ketua APPSI 2019-2023, dan saya sampaikan kepada semua, ini adalah sebuah kehormatan dan saya istilahkan fardhu kifayah, kalau sudah ada yang mengerjakan saya terbebas tapi karena dititipkan insya allah saya jalankan dengan sebaik-baiknya,” kata Anies dalam keterangan persnya, Selasa (26/11).

Anies menggantikan ketua umum APPSI sebelumnya yaitu Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. Anies diusulkan menjabat menjabat ketua umum bersama Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kemudian, pemilihan diserahkan ke forum. Namun, mereka yang berhak memilih adalah gubernur atau wakil gubernur yang hadir langsung dan tidak diwakilkan oleh pejabat lainnya.

Dari 34 provinsi, ada 23 yang punya hak pemilihan. Hanya satu suara yang abstain dan 22 suara dinyatakan sah.

Tugas pertama Anies sebagai Ketua Umum APPSI adalah membentuk kepengurusan yang nanti akan dikukuhkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kebiasaannya adalah selesai langsung ada pengukuhan tetapi tahun ini tidak dilakukan, karena bapak presiden sedang tidak berada di Indonesia karena itulah nanti akan dicarikan jadwal baru,” ujarnya.

Selain pemilihan ketua umum baru, APPSI juga menyusun 10 program kerja yang akan diusulkan ke pemerintah pusat. APPSI dideklarasikan oleh Gubernur seluruh Indonesia pada 6 Juni tahun 2000 lalu di Jakarta. Anggota APPSI adalah Pemerintah Provinsi yang diwakili oleh Gubernur.

APPSI merupakan wadah interaksi kepemimpinan pada tingkat nasional.

Tujuannya mewujudkan pemerintahan daerah yang bersih, efektif, percaya diri, kreatif, bertanggungjawab dan berkomitmen membangun pemahaman yang sama dan tajam tentang bagaimana seharusnya Pemerintah Provinsi dikelola dan potensi daerah yang menyebar di seluruh Provinsi di Indonesia diarahkan untuk kemajuan dan kejayaan bangsa. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top