Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Sekolah Tatap Muka di Tanah Datar Dimulai, Siswa Wajib Terapkan Protkes

Dibaca : 963

 

Tanah Datar, Prokabar. Hari pertama Pembelajaran Tatap Muka di Tanah Datar telah dimulai senin pagi ini (11/1). Penerapan protokol kesehatan diberlakukan tanpa terkecuali jelang siswa memasuki lingkungan sekolah.

Sebelum masuk ke sekolah, satu persatu siswa terlebih dahulu dilakukan pengecekan suhu tubuh dan mencuci tangan ditempat yang telah disediakan. Tak kalah penting, setiap siswa juga wajib menggunakan masker dan hal ini juga berlaku bagi tenaga pendidik tanpa terkecuali.

Didalam lokal tempat belajar, tempat duduk siswa juga diatur sesuai dengan protokol kesehatan seperti yang tertuang dalam surat keputusan bersama 4 menteri. Dimana, terdapat jarak antara siswa satu dengan yang lain minimal 1,5 meter.

Seperti di SMA 1 Batusangkar, satu lokal diisi oleh separuh dari total siswa dalam satu local. Sebagian lokal ada yang diisi oleh 18 orang siswa dan sebagian lokal lainnya diisi 20 orang siswa dari total 40 orang siswa.

Wakil bidang kesiswaan Indrawati saat ditemui mengatakan jika penerapan protokol kesehatan dilakukan bagi siswa dan tenaga pendidik. Mulai pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dan mengingatkan siswa untuk selalu memakai masker saat berada dilingkungan sekolah.

Sekolah juga menyediakan masker bagi siswa yang tidak menggunakan masker saat datang ke sekolah.

“ hari senin kita SMA 1 Batusangkar memulai PTM hari pertama. Yang kita lakukan, digerbang masuk kita cek suhu tubuh anak, dimana ada beberapa thermogun kita sediakan agar anak tidak menumpuk. Dari hasil pengecekan suhu tubuh itu, jika ditemui siswa yang memiliki suhu tubuh diatas 37 derajat celcius, maka pihak sekolah akan menyuruh siswa tersebut kembali pulang. Dihari pertama, tidak kiya temukan siswa yang memiliki suhu tubuh diatas normal,” sebutnya.

Memutus mata rantai penyebaran Covid 19, pihak sekolah juga akan membagikan faceshield bagi setiap siswa. Faceshield tersebut dibagikan saat siswa telah berada dimasing masing kelas.

“ kita juga membagikan faceshield kepada siswa,” tutupnya.

Sedangkan, untuk sistem belajar tatap muka diatur dengan sistem bergeser atau shif, dimana setiap siswa akan belajar tatap muka 1 minggu di sekolah dan 1 minggu dari rumah.

“ separuh itu minggu ganjil dan separuh lainnya diminggu genap,” tulis Kepala Sekolah SMA 1 Batusangkar, Rahmad.

Di Tanah Datar, baru 9 sekolah yang melakukan pebelajaran tatap muka pada 11 januari 2021 ini. Hal ini dikarenakan setiap tenaga pendidik disatuan pendidikan wajib mengantongi hasil tes PCR sebelum pembelajaran tatap muka dimulai.

9 sekolah yang telah memulai tatap muka disatuan pendidikan tingkat SMA sederajat itu diantaranya, SMKN 1 Batipuh, MAN 4 Tanah Datar, SMK sumanik, SMAN 1 Batusangkar, SMAN 1 X Koto, SMK 1 Lintau Buo, MAN I Tanah Datar, SMA 1 Pariangan, dan SMK N 1 Tanah Datar. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top