Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Sekolah di Tanah Datar Persiapkan Sarana Prasarana Sekolah Tatap Muka di Tengah Pandemi Covid-19

Dibaca : 682

Tanah Datar, Prokabar – Berbagai persiapan telah dilakukan sekolah di Tanah Datar dalam menyambut pembelajaran tatap muka ditengah pandemi covid 19. Seperti di SMP 1 Batusangkar, sistem belajar hingga sarana prasarana dipersiapkan oleh pihak sekolah.

Juhardi, Kepala sekolah SMP 1 Batusangkar saat ditemui mengungkapkan dengan mengacu pada SKB 4 Menteri, pihaknya telah siap untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) untuk peserta didik.

“Untuk menghadapi pembelajaran tatap muka ini, kami pihak sekolah telah memulai dari rapat bersama, guru dan wali murid, Alhamdulillah hasil rapat tersebut SMP 1 Batusangkar siap melaksanakan belajar tatap muka,” kata Juhardi, Kamis (7/1).

Juhardi melanjutkan, pihaknya juga telah menyiapkan segala sesuatu dalam memulai pembelajaran tatap muka, diantaranya penyediaan tempat cuci tangan, sanitasi sekolah, pengadaan masker, sanitizer, dan lain sebagainya.  Selain itu, pihaknya juga mempersiapkan SOP teknis pembelajaran tatap muka, dimana peserta didik hanya akan sekolah tatap muka selama 3 hari dalam satu minggu. 3 hari sisanya, siswa akan belajar dari rumah dengan pola daring.

“Siswa kita ada sekitar 700 orang, satu hari belajar tatap muka itu 200 siswa yang nantinya dibagi dalam dua shif, 1 dan 2. Setiap siswa hanya dapat belajar di sekolah dalam satu minggu itu hanya 3 hari., artinya 3 hari di rumah dan 3 hari di sekolah,” ujarnya.

Di sekolah lanjutnya, juga akan disediakan unit kesehatan sekolah (UKS), dimana UKS tersebut nantinya akan berfungsi sebagai tempat bagi peserta didik yang ditemukan memiliki suhu tubuh diatas normal, 37 derajat celcius. Meski demikian, untuk keamanan siswa baik saat berangkat hingga pulang dari sekolah, pihaknya mengeluarkan  himbauan kepada wali murid untuk mengantarkan anak anak mereka ke sekolah.

“Jadi nantinya kalau ada anak didik kita dengan suhu tubuh diatas normal, maka akan kita fasilitasi dulu di UKS, setelah itu baru diperbolehkan pulang. Dan tidk boleh untuk ikut belajar tatap muka,” lanjutnya.

Menghindari terjadinya kerumunan dikalangan siswa, maka orang tua wajib menyiapkan segala sesuatunya, termasuk makanan dan minum siswa  saat berada di sekolah. Pasalnya, sesuai aturan sekolah tidak menyediakan kantin dan jam istirahan bagi peserta didik nantinya.

Sebelumnya, sekola tatap muka di Tanah Datar akan dimulai pada 11 januari 2021. Sekolah yang diperbolehkan untuk dibuka pada tanggal dan hari tersebut, hanya bagi sekolah yang tenaga pendidiknya telah mendapatkan hasil negatif dari pemeriksaan specimen Covid 19. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top