Daerah

Sekdakab Tanah Datar Dijabat Putra Panyalaian X Koto

Tanah Datar, Prokabar – Sempat kosong hampir 6 bulan, akhirnya posisi sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Datar definitif dilantik oleh Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, Kamis (15/8). Bertempat di aula kantor Bupati, jabatan tinggi pratama tersebut dikendalikan oleh Irwandi Dt. Maruhun Sati.

Irwandi sendiri merupakan putra Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Sekretaris DPRD Sijunjung.

Bupati Tanah Datar dalam sambutannya mengatakan terpilihnya Irwandi sebagai Sekdakab Tanah Datar sudah melalui Tim Pansel dan mengacu pada UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, yang mengamanatkan pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama termasuk Sekretaris Daerah (Sekda) dilakukan secara terbuka dan kompetitif. Persyaratan yang harus dipenuhi yakni syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan, pelatihan, rekam jejak jabatan dan beberapa persyaratan lainnya.

“Tugas Sekda adalah membantu pimpinan daerah yakni Bupati dan wakil bupati dalam penyusunan kebijakan dan pengoordinasian administratif terhadap kebijakan pelaksanaan tugas perangkat daerah dan pelayanan administratif lainnya,” ucap Bupati Irdinansyah didepan undangan, salah satunya juga dihadiri Bupati Sijunjung.

Diakhir sambutannya, Bupati mengatakan jika tugas berat menunggu Sekda yang baru. Sekda yang baru juga diharapkan mampu mempertahankan ataupun kalau bisa meningkatkan prestasi yang telah diperoleh dalam 3 tahun ini baik prestasi tingkat provinsi ataupun nasional.

“Baru-baru ini Tanah Datar menjadi kabupaten terbaik dalam perencanaan pembangunan, WTP 7 kali berturut-turut, Juara MTQ Tingkat Sumbar dan banyak prestasi lainnya. Prestasi tersebut hendaknya dapat dipertahankan, kalau perlu ditingkatkan lagi,” ucapnya.

Sebelumnya, pada Februari 2019 lalu, sekda lama yang dijabat Hardiman genap 5 tahun menjabat, dan digantikan oleh pejabat sementara Helfy Rahmy Harun, yang juga menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum. Sebagai pejabat sementara, beliau menjabat Pj Sekda lebih kurang 5,5 bulan. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top