Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Sejumlah Jalanan di Lubuk Basung Tergenang, Drainase Meluap

Dibaca : 402

Agam, Prokabar — Sejumlah saluran drainase meluap dipicu cuaca ektrim (hujan lebat) di Lubuk Basung, Minggu (30/8). Akibatnya, sejumlah ruas jalan tergenang air dengan deras.

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam (Sendalan Agam), Martias Wanto Dt. Maruhun membenarkan terjadinya luapan air di sejumlah drainase itu. Curah hujan cukup tinggi dengan intensitas hujan berat, memicu luapan air hingga menggenangi akses jalan.

“Akhir-akhir ini curah hujan di sebagian wilayah Kabupaten Agam cukup tinggi dengan intensitas sedang hingga berat,” terangnya dikutip dari AMC, Minggu (30/8).

Martias Wanto Dt. Maruhun menjelaskan, meluapnya sejumlah drainase di Lubuk Basung, disinyalir makin terdesaknya bangunan mendekati drainase.

“Meluapnya air di sejumlah titik di Lubuk Basung, salah satunya diakibatkan banyaknya masyarakat yang mendirikan bangunan di atas saluran air, sehingga menyebabkan saluran air makin sempit,” ungkap Sekda Kabupaten Agam.

Selain itu, imbuhnya, saat ini sedang berlangsung pengerjaan perbaikan sejumlah drainese oleh DPUTR Sumbar. Dengan demikian, sejumlah saluran air akan menjadi terganggu sampai pekerjaan ini selesai.

“Kita berharap pengerjaan perbaikan drainase ini bisa cepat selesai, sehingga aliran air bisa normal kembali,” tuturnya.

Pihaknya berharap masyarakat dapat melakukan normalisasi di saluran air di sekitar tempat tinggal, untuk menghindari luapan air.

“Dengan curah hujan yang masih tinggi, masyarakat diminta untuk tetap waspada dan membersihkan saluran air yang memungkinkan terjadinya penyumbatan,” pangkas M. Dt. Maruhum. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top